Presiden Jokowi Ingin Dunia Jadi Satu Keluarga Besar untuk Ciptakan Kehidupan Damai

- 10 September 2023, 10:43 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat mengikuti sesu kedua KTT G20 di New Delhi, India, Sabtu 9 September 2023.
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat mengikuti sesu kedua KTT G20 di New Delhi, India, Sabtu 9 September 2023. /Dok. Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden

INDOBALINEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkeinginan dunia menjadi satu keluarga besar yang saling membangun dan memiliki tujuan bersama untuk menciptakan kehidupan yang damai. Hal tersebut disampaikannya saat memimpin delegasi Indonesia dalam sesi kedua yang mengusung topik "One Family" pada KTT G20 di New Delhi, India, Sabtu 9 September 2023.

"Saya setuju, jika dunia ini layaknya satu keluarga besar, tetapi, keluarga yang Indonesia harapkan adalah keluarga yang saling membangun, saling peduli, dan memiliki satu tujuan bersama yaitu menciptakan kehidupan yang damai dan makmur," tutur Jokowi dalam keterangan yang disampaikan Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, diterima di Jakarta seperti dilansir dari Antaranews.com, Minggu 10 September 2023.

Baca Juga: Kemenkes Tinjau RS Terapung Ksatria Airlangga Guna Tingkatkan Akses Layanan Kesehatan di Daerah Terpencil

Lebih lanjut, Jokowi menilai untuk mewujudkan tujuan tersebut di antaranya adalah dengan menciptakan stabilitas global, salah satunya dengan menghentikan perang.

"Kita harus hentikan perang, berpegang teguh pada hukum internasional, dan bahu-membahu mewujudkan inklusifitas," imbuhnya.

Selain itu, Jokowi menegaskan bahwa saat ini Indonesia terus mendorong ASEAN untuk menjadi jangkar stabilitas kawasan di Indo-Pasifik. Pasalnya, dia berpendapat dunia saat ini membutuhkan safe house.

"Sebagai Ketua ASEAN, Indonesia terus mendorong ASEAN untuk menjadi jangkar stabilitas kawasan yang memiliki habit of cooperation di Indo-Pasifik, karena dunia butuh penetral—butuh safe house," teranya.

Baca Juga: Liga 1: Persiapan Hadapi Madura United, Persebaya Surabaya Tingkatkan Intensitas Latihan

Hal lainnya yang dinilai dapat membantu mewujudkan kehidupan yang damai dan makmur adalah dengan menjaga solidaritas antarnegara. Jokowi menilai pengkategorian negara yang terkesan mengkotak-kotakkan harus segera diakhiri.

Halaman:

Editor: Ronatal Siahaan

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah