Roger Corman, Sutradara Legendaris Sekaligus Aktor yang Dikenal sebagai Raja Film B, Meniggal Dunia

- 13 Mei 2024, 12:23 WIB
Roger Corman, Sutradara legendari sekaligus Raja Film B meninggal dunia di Santa Monica.
Roger Corman, Sutradara legendari sekaligus Raja Film B meninggal dunia di Santa Monica. /Antara/IMDB

INDOBALINEWS - Sutradara legendaris sekaligus Raja Film B Roger Corman meninggal dunia di rumahnya di Santa Monica pada usia 98 tahun.

Kabar meninggalnya pria yang dikenal sebagai raja film B atau film dengan biaya produksi film rendah ini didapat dari pihak keluarga yang dilaporkan Variety Senin 13 Mei 2024.

Pihak keluarga juga mengatakan Corman ingin diingat sebagai pembuat film saja. Film-filmnya selalu revolusioner dan mendobrak norma, serta mencerminkan semangat dari sebuah zaman.

Ketika ditanya bagaimana dia ingin diingat, pria yang juga sebagai produser  dan aktor film berkata: '"Saya adalah seorang pembuat film, itu saja," demikian  keterangan dari pihak keluarga dilansir Antara dari Variety.

Baca Juga: Menilik Kegagalan Sepak Bola Putri Indonesia: Dari Persiapan 2 Bulan hingga Miskin Kompetisi

Corman mendirikan dua perusahaan distribusi film independen New World Picture dan New Concorde yang berhasil mencetak keuntungan besar. Corman merupakan ahli dalam pembuatan film anggaran rendah dan memiliki alur cepat lintas genre mulai dari horor, aksi, hingga fiksi sains.

Perusahaan bentukannya menjadi tempat menimba ilmu para aktor kawakan seperti Jack Nicholson dan Robert de Niro hingga sutradara terkenal Francis Ford Coppola dan Martin Scorsese.

Nicholson memulai debutnya di layar lebar pada usia 21 tahun saat membintangi film garapan Corman, yakni "The Cry Baby Killer" (1958). Corman juga pernah merekrut Scorsese muda untuk menjadi sutradara film "Boxcar Bertha" (1972)

Baca Juga: Peneliti Harvard dan Google Buat Peta 3D Otak Manusia Terbesar

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: Variety


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah