5 Alasan Mengapa Kamu Harus Punya Dana Darurat, Simak Yuk!

- 28 Oktober 2023, 20:09 WIB
Ilustrasi dana darurat.
Ilustrasi dana darurat. /Gambar/pexels/

 

INDOBALINEWS - Ketika membahas perencanaan keuangan, salah satu hal yang sering diabaikan adalah memiliki dana darurat yang memadai. Dana darurat adalah tabungan yang disiapkan khusus untuk mengatasi keadaan darurat, seperti kehilangan pekerjaan, kesehatan yang buruk atau keadaan mendesak lainnya.

Meski tidak menyenangkan untuk memikirkan tentang hal-hal buruk yang mungkin terjadi, memiliki dana darurat adalah langkah bijak yang sangat penting. Artikel ini bakal menjelaskan mengapa memiliki dana darurat itu penting. 

1. Keamanan Finansial

Salah satu alasan utama memiliki dana darurat adalah untuk menciptakan rasa keamanan finansial. Tanpa dana darurat, kamu mungkin sangat rentan terhadap keadaan darurat yang tiba-tiba, seperti kehilangan pekerjaan atau perlu mengganti peralatan rumah yang rusak. Dana darurat memberikan bantalan finansial yang diperlukan untuk mengatasi situasi-situasi ini tanpa harus bergantung pada utang atau bantuan finansial dari orang lain.

2. Menghindari Utang yang Tidak Perlu

Tanpa dana darurat, banyak orang cenderung mengandalkan kartu kredit atau pinjaman pribadi untuk mengatasi keadaan darurat. Hal ini bisa mengakibatkan tumpukan utang yang sulit untuk dilunasi, terutama jika bunga tinggi diterapkan. Dana darurat yang mencukupi akan membantu kamu menghindari utang yang tidak perlu dan menjaga keseimbangan keuangan kamu.

Baca Juga: Link Live Streaming Barcelona vs Real Madrid, Nonton Gratis La Liga di Sini

3. Mengatasi Keadaan Darurat Tanpa Stres Finansial

Halaman:

Editor: Ronatal Siahaan

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x