Penting! Ini Tips Mengelola Keuangan untuk Freelancer

- 28 Oktober 2023, 13:34 WIB
Menentukan keahlian merupakan syarat pertama yang harus dipenuhi untuk menjadi seorang Freelancer untuk sukses di bidangnya.
Menentukan keahlian merupakan syarat pertama yang harus dipenuhi untuk menjadi seorang Freelancer untuk sukses di bidangnya. /Freepik/Seva Levytskyi

INDOBALINEWS - Seiring dengan perkembangan teknologi, bekerja sebagai freelancer semakin populer. Fleksibilitas dalam jam kerja dan kebebasan dalam memilih klien membuat pekerjaan ini sangat menarik. Namun, mengatur keuangan sebagai seorang freelancer bisa menjadi tugas yang menantang.

Freelancer adalah seseorang yang bekerja secara mandiri atau independen, tanpa terikat oleh kontrak kerja jangka panjang dengan satu perusahaan atau majikan tertentu.

Seorang freelancer bekerja secara proyek, tugas, atau kontrak yang bersifat sementara dengan berbagai klien atau pemberi pekerjaan.

Baca Juga: Analisis SWOT: Kelemahan Bisnis Briket yang Perlu Diatasi

Mereka biasanya memiliki keahlian atau keahlian khusus dalam bidang tertentu, seperti desain grafis, penulisan, pengembangan web, pemasaran digital, fotografi, atau berbagai disiplin ilmu lainnya.

Sebagai seorang freelancer, mengatur keuangan adalah kunci kesuksesan. Anda tidak memiliki keuntungan seperti gaji tetap bulanan atau manfaat karyawan, sehingga perencanaan keuangan yang baik sangat penting.

Mengutip laman Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Sabtu, 28 Oktober 2023, teradapat beberapa tips yang bisa digunakan untuk mengatur keuangan agar bisa terus stabil. Mengingat, pemasukan bagi freelancer itu tidak tentu mendapatkan pendapatan setiap bulannya. Yuk simak tipsnya.

Baca Juga: Bisnis Briket Arang Batok Kelapa Bernilai Miliaran! Simak Faktanya

1. Pemahaman yang Mendalam tentang Pendapatan dan Pengeluaran

Halaman:

Editor: Wildan Heri Kusuma

Sumber: Otoritas Jasa Keuangan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x