Tips Agar Anak Cinta Membaca

- 28 April 2024, 07:20 WIB
Ilustrasi anak membaca buku
Ilustrasi anak membaca buku /ybkb.co.id/

 

INDOBALINEWS - Membaca adalah sebuah kegiatan yang penting untuk dibiasakan sejak kecil. Bagi sebagian anak, membaca buku merupakan hal yang membosankan.

Berikut ada beberapa hal yang dapat dilakukan oleh orangtua agar kegiatan membaca buku tidak lagi membosankan dan lama kelamaan anak bisa memiliki kebiasaan cinta membaca. 

Menurut seorang pendidik Ikrima Maulida, SPd, MPd, yang paling utama agar anak bisa memiliki kebiasaan suka atau cinta membaca adalah tanamkan dulu hal itu pada diri orang tua.

"Anak adalah individu yang suka meniru, orang yang ditiru di lingkungan terkecil pada usia dini tentu orang tua," ujar Ikrima Minggu 28 April 2024.

Baca Juga: Waspada Musim Pancaroba, Perhatikan Asupan Gizi Anak dan Pakai Masker di Keramaian

Berikut sejumlah tips lainnya:

1. Beri anak contoh
Sebagai orangtua, tentu harus memberikan contoh nyata pada anak. Anak adalah individu yang suka meniru. Orangtua yang suka membaca tentu akan menjadi contoh anak dalam hal membaca juga.

Sebagai Langkah awal, orangtua bisa memberikan buku dengan topik bacaan yang ringan sesuai dengan usia anak. Orangtua juga bisa mengajak anak untuk mendongeng bersama atau membacakan dongeng pada anak sebelum tidur.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x