Milenial dan Gen Z Penting Pelajari Financial Well Being, Begini Caranya

- 29 Oktober 2023, 10:15 WIB
Talk show keuangan dalam 'Sultan Dadakan Bali' yang digelar Bank Sampoerna Sabtu 28 Oktober 2023 di Living World Denpasar Bali.
Talk show keuangan dalam 'Sultan Dadakan Bali' yang digelar Bank Sampoerna Sabtu 28 Oktober 2023 di Living World Denpasar Bali. /Dok Tista

 

INDOBALINEWS - Financial well-being atau kesejahteraan finansial dilihat dari kondisi seseorang yang mampu memenuhi kewajiban keuangan saat ini secara utuh dan merasa aman mengenai kondisi keuangan masa depan sehingga menikmati hidup dengan nyaman.

Dari beberapa sumber diketahui fakta bahwa manusia di usia 65 tahun, di antaranya yaitu 50 persen dari mereka masih bergantung pada orang lain, 36 persen manusia meninggal ketika atau sebelum mencapai usia 65 tahun, dan 9 persen masih terus bekerja.

Hanya terdapat 4 persen orang yang sudah mencapai financially independent dan 1 persen financially freedom. Melihat fakta itu, maka perencanaan keuangan harus dimulai sedini mungkin agar seseorang dapat mencapai financial well-being sebelum ia menjadi lansia.

Baca Juga: Jangan Lewatkan! Hari Terakhir Job Fair Nasional, Segera Cari Lowongan Kerja Impianmu

Seperti yang Direktur Keuangan dan Perencanaan Bisnis Bank Sampoerna Henky Suryaputra bahwa financia well-being bisa diraih dengan menjaga keseimbangan antara pendapatan dan pengeluaran.

"Termasuk mengenal sumber-sumber keuangan dengan bijak," jeas Henky dalam acara talk show Sultan Dadakan Bali di Living World Denpasar Sabtu 28 Oktober 2023.

Lebih lanjut dikatakannya, khususnya generasi milenial dan Gen Z untuk memiliki gaya hidup yang bersumber pada pengelolaan keuangan yang matang dan sejahtera (financial well-being).

Baca Juga: Transfer Pemain Liga 1: Persebaya Surabaya Batal Cuci Gudang Usai Uston Nawawi Jadi Pelatih?

Ia menjelaskan Sampoerna Mobile Banking (SMB), layanan perbankan digital milik Bank Sampoerna, dapat membantu milenial dan Gen Z untuk mencapai kedewasaan dalam mengelola keuangan, Terutama melalui berbagai fitur, salah satunya adalah tabungan Sampoerna Mobile Saving.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah