Berikut 20 Daftar Kata yang Mirip antara Bahasa Indonesia dan Belanda

- 31 Oktober 2023, 21:28 WIB
Ilustrasi kosakata Indonesia yang diadaptasi dari Bahasa Belanda.
Ilustrasi kosakata Indonesia yang diadaptasi dari Bahasa Belanda. /Denise Jansi/Unsplash

 

 

INDOBALINEWS – Bahasa Indonesia muncul ketika Hari Sumpah Pemuda dilaksanakan pada 28 Oktober 1928. Penggunaan bahasa Indonesia ini sendiri kebanyakan bahasanya berasal dari rumpun Melayu. Sekarang, bahasa Indonesia menjadi alat komunikasi antar masyarakatnya.

Namun, tidak hanya itu, ada pula bahasa lain yang diserap oleh Indonesia dan dimasukkan ke dalam daftar kosakata bahasa kita sekarang ini, baik itu dari bahasa Arab, Inggris, Belanda dan masih banyak lagi. Kali ini, yang akan dibahas adalah Bahasa Belanda di mana memiliki jejak sejarah tersendiri untuk memengaruhi bahasa Indonesia saat ini.

Ini merupakan hal yang wajar dengan melihat bagaimana bangsa Belanda yang banyak menempati Indonesia pada zaman penjajahan. Melalui pengaruh tersebut, bahasa Belanda tidak luput menjadi kebiasaan yang melekat hingga kini.

Baca Juga: PLN Klaim Event 'World Hydropower Congress 2023' Bertujuan Turunkan Emisi Gas Rumah Kaca

Hal tersebut dapat dibuktikan oleh Jerhemy Owen yang merupakan YouTuber asal Indonesia. Pria yang akrab dipanggil Owen ini sedang menempuh pendidikannya di Negeri Kincir Angin tersebut. Owen yang aktif membuat konten di Youtube membagikan pengalamannya selama di Belanda.

Owen bersama temannya yang asli orang Belanda mengunggah short Youtube dengan topik tentang persamaan bahasa Indonesia dengan bahasa Belanda.

Baca Juga: Viral Baliho Ganjar Dicopot, PJ Gubernur Bali: Hanya Digeser Selesai Acara Dipasang Lagi

Video itu sendiri telah ditonton sebanyak 2.281.593 kali sejak tanggal 14 Oktober 2023 dengan 'like' sebanyak 130 ribu penonton. Berikut daftar kata-kata yang diambil dari akun resmi Youtube tersebut:

Halaman:

Editor: Ronatal Siahaan

Sumber: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah