Lukisan I Gusti Made Deblog yang jadi WBTB, Paduan Realis Yap Sin Tin dan Bahasa Epos Ramayana Bharatayuda

- 4 September 2023, 05:52 WIB
Gaya Lukisan I Gusti Made Deblog dengan domain Kemahiran Kerajinan Tradisional dan Tari Baris Kekupu Banjar Lebah Denpasar dengan domain Seni Pertunjukan yang jadi WBTB Nasional 2023.
Gaya Lukisan I Gusti Made Deblog dengan domain Kemahiran Kerajinan Tradisional dan Tari Baris Kekupu Banjar Lebah Denpasar dengan domain Seni Pertunjukan yang jadi WBTB Nasional 2023. /Dok Humas Pemkot Denpasar

 

INDOBALINEWS - Di tahun 2023 sebanyak dua warisan budaya Kota Denpasar ditetapkan menjadi Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) secara Nasional.

Kadis kebudayaan Kota Denpasar, Raka Purwantara mengatakan bahwa penetapan dua tradisi dan kebudayaan asli Denpasar ini sebagai Warisan Budaya Tak Benda Indonesia Tahun 2023 merupakan angin segar bagi inventarisir dan pelestarian seni dan budaya di Kota Denpasar.

Sehingga, kedepannya tidak ada lagi klaim sepihak atas seni budaya asli Indonesia khususnya yang berasal dari Bali dan Kota Denpasar. 

Baca Juga: Liga 1: Barito Putera Kembali ke Papan Atas Klasemen Usai Tundukkan Persis Solo

Dua karya budaya Kota Denpasar yang ditetapkan menjadi WBTB Indonesia Tahun 2023 yakni Gaya Lukisan I Gusti Made Deblog dengan domain Kemahiran Kerajinan Tradisional dan Tari Baris Kekupu Banjar Lebah Denpasar dengan domain Seni Pertunjukan.

"Karya budaya pertama yakni Langgam lukisan I Gusti Made Deblog yang khas dengan langgam realis-naturalistik," ujar Raka.

Lebih lanjut dikatakannya, gaya lukisan ini adalah temuan baru dalam lintasan sejarah seni rupa Bali yang ditemukan pada rentang waktu dekade 1930 dan populer pada masa setelahnya.

Baca Juga: Pengelola Lift Maut Ubud Santuni dan Biayai Ngaben Korban

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x