Ibu Jadi Sosok yang Paling Rentan Alami Gangguan Mental

- 3 November 2023, 14:29 WIB
Ilustrasi-Ibu dan anak berjalan di tepi pantai saat senja.
Ilustrasi-Ibu dan anak berjalan di tepi pantai saat senja. /Pixabay.com/ jenny2dance /3 images/

INDOBALINEWS - ibu adalah sosok yang paling rentan mengalami gangguan mental. Ibu rumah tangga sering mengalami depresi karena merasa terisolasi, kehilangan tujuan, dan kurangnya interaksi sosial.

Mengurus rumah tangga memerlukan kesehatan fisik dan mental yang baik. Ibu rumah tangga dapat merasa rendah diri setelah berubah dari karier menjadi pengurus rumah tangga. Peran laki-laki dalam rumah tangga juga dapat mempengaruhi emosi ibu rumah tangga.

Stres dan depresi ibu rumah tangga berdampak pada pola asuh anak-anak, bisa menyebabkan mereka mengalami masalah emosional.

Baca Juga: 15 Kesalahan Perawatan Kulit yang Kamu Perlu Hindari!

Berteriak pada anak dapat menyebabkan ketidakamanan dan rasa bersalah. "Orangtua harus mengendalikan perilaku di sekitar anak untuk mendukung kesehatan mental dan perkembangan anak," demikian yang dilansir dari halodoc.

Untuk menghindari stres dan depresi, ibu rumah tangga dapat membicarakan tugas dan kewajiban dengan pasangan, meminta bantuan, mengambil waktu untuk diri sendiri, dan selalu ingat akan tanggung jawab mengasuh anak-anak. ***

Editor: Shira Ade

Sumber: Halodoc


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x