Kunci Kesejahteraan: Menjelajahi Kesehatan Mental dan Cara Mempertahankan Ketenangan Jiwa

- 2 November 2023, 16:08 WIB
Ini 8 tanda Anda memiliki kondisi kesehatan mental yang baik.
Ini 8 tanda Anda memiliki kondisi kesehatan mental yang baik. /Freepik/benzoix

INDOBALINEWS - Kesehatan mental, juga dikenal sebagai mental health, adalah kondisi kesehatan yang berkaitan dengan kejiwaan, psikis, dan emosi seseorang.

Seseorang dengan kesehatan mental yang baik dapat menjalani hidup dengan ketenangan jiwa, memengaruhi hubungan dengan orang lain, kemampuan berpikir, dan menghindari dorongan merusak diri sendiri.

Kesehatan mental yang baik adalah ketenangan jiwa, memungkinkan pikiran yang tenang, dan keseimbangan emosi. Seperti kesehatan fisik, menjaga kesehatan mental juga penting.

Baca Juga: drg. Sa'adatul Hayati Putri: Ribuan Tenaga Medis, Harus Diatensi Serius

Kesehatan mental yang baik memungkinkan seseorang mengoptimalkan potensi dirinya, menghadapi permasalahan hidup, dan menjalin hubungan positif.

Dilansir Halodoc, Kamis, 2 November 2023, beberapa faktor dapat memengaruhi kesehatan mental, termasuk riwayat keluarga gangguan jiwa, lingkungan yang tidak sehat, trauma masa lalu, diskriminasi, stres berat, cedera kepala, kelainan otak, masalah ekonomi, hilangnya pekerjaan, kematian orang yang disayangi, penyalahgunaan obat, dan trauma berat.

Gejala gangguan kesehatan mental bervariasi sesuai jenis penyakitnya, tetapi gejala umum termasuk kesulitan fokus, stres berlebihan, perubahan suasana hati tiba-tiba, dan perubahan dalam pola tidur dan makan.

Baca Juga: Ini 5 Kesalahan dalam Mencuci Muka yang Anda Wajib Tahu!

Pasien dengan gangguan kesehatan mental dapat dikenali melalui wawancara medis, pemeriksaan fisik, serta tes penunjang.

Halaman:

Editor: Wildan Heri Kusuma

Sumber: Halodoc


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x