Indonesia Rawan Gempa, Pahami Antisipasi Gempa

- 29 Oktober 2020, 10:06 WIB
ilustrasi gempa/PIXABAY
ilustrasi gempa/PIXABAY /PIXABAY

INDOBALINEWS - Sebagian wilayah di Indonesia memang rawan bencana alam termasuk rawan digoyang gempa. Seminggu belakangan sejumlah gempa skala kecil, sedang hingga di atas magnitudo 5 telah terjadi di sejumlah wilayah Indonesia.

Baca Juga: Sedang Gowes Kolonel Marinir Dibegal, Diduga Pelaku Pakai 2 Motor

Pada pagi hari ini saja Kamis 29 Oktober 2020 terjadi gempa dengan pusat gempa berada di laut 66 km Selatan Ambon pada pukul 03:54;48 WIB. Setelahnya disusul dengan  Gempa Mag:5.0, di hari ini juga pada pukul 08:54:17 WIB, dengan lokasi 0.30 LS, 124.46 BT (91 km Tenggara BOLAANGUKI-BOLSEL-SULUT), dengan kedalaman 10 Km. Informasi gempa ini dikutip indobalinews.com dari lama resmi bmkg.go.id.

Baca Juga: Arya Wedakarna Polisikan Pemukulan di Depan Kantor DPD

Sehari sebelumnya tepatnya Rabu 28 Oktober 2020 juga terjadi beberapa kali gempa pertama dimulainya pukul 00.00 di Sukabumi, Provinsi Jawa Barat berkekuatan magnitudo 3,4. Kemudian pada pukul 02:43:53 WIB, di Kabupaten Mamuju Tengah, Provinsi Sulawesi Barat dengan kekuatan magnitudo 5,4 dengan kedalaman 10 kilometer.

Berikut hal-hal yang harus diperhatikan untuk mengantisipasi terjadinya gempa dikutip dari BMKG.

Baca Juga: Update Penanggulangan Covid-19 di Bali, Rabu 28 Oktober 2020

Kenali apa Itu Gempa :

Mengenali apa yang disebut gempa bumi Gempa bumi adalah getaran atau getar-getar yang terjadi di permukaan bumi akibat pelepasan energi dari dalam secara tiba-tiba yang menciptakan gelombang seismik. Gempa Bumi biasa disebabkan oleh pergerakan kerak bumi  atau lempeng bumi (wikipedia.org).

Pastikan bahwa struktur dan letak rumah Anda dapat terhindar dari bahaya yang disebabkan oleh gempabumi (longsor, liquefaction dll). Mengevaluasi dan merenovasi ulang struktur bangunan Anda agar terhindar dari bahaya gempabumi.

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x