Rencana Kemenparekraf Masukan Iuran Wisata ke Komponen Tiket Pesawat, INACA: Beban..

- 25 April 2024, 20:25 WIB
Ilustrasi tiket pesawat.
Ilustrasi tiket pesawat. /freepik

INDOBALINEWS - Wacana Kemenparekraf tentang pengenaan iuran pariwsata yang akan dimasukkan dalam komponen tiket pesawat tiap penumpang, akan menjadi beban tambahan bagi penumpang dan maskapai.

Asosiasi Maskapai Penerbangan Nasional Indonesia (INACA) mengkawahtirkan jika harga tiket menjadi mahal, dikhawatirkan jumlah penumpang akan berkurang.

"Dengan tambahan iuran pariwisata dalam komponen tiket akan membuat harga tiket menjadi lebih mahal bagi penumpang. Maskapai juga akan terkena dampak karena jumlah penumpang akan berkurang jika harga tiket dianggap mahal," kata Ketua Umum INACA Denon Prawiraatmadja dalam keterangan di Jakarta, Kamis 25 April 2024.

Baca Juga: Gegara Serempetan Motor di Jalan, 2 Pemuda Babak Beluk Dikeroyok

Lebih lanjut dikatakannya tidak seharusnya iuran pariwisata yang sedang digagas oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) ditambahkan dalam komponen harga tiket pesawat karena akan menjadi beban tambahan bagi penumpang dan maskapai penerbangan.

Ia mengatakan penumpang pesawat terdiri dari berbagai macam keperluan, di antaranya untuk keperluan bisnis, acara keluarga atau pribadi, keperluan dinas, pendidikan, liburan atau berwisata dan lainnya. Jadi pariwisata dan wisatawan hanya salah satu dari berbagai jenis penumpang pesawat.

Menurut Denon, saat ini bisnis penerbangan sedang dalam kondisi rebound setelah terpuruk akibat pandemi COVID-19 pada 2020 sampai dengan 2022. Namun demikian banyak kendala yang dihadapi maskapai penerbangan Indonesia sehingga proses rebound tidak bisa berlangsung lancar jika dibandingkan dengan maskapai penerbangan internasional.

Baca Juga: Gegara Serempetan Motor di Jalan, 2 Pemuda Babak Beluk Dikeroyok

Permasalahan yang dihadapi maskapai Indonesia di antaranya adalah berkurangnya jumlah ketersediaan pesawat beserta suku cadang (spareparts) dan sumber daya manusia yang siap untuk dioperasikan.

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x