Pasca Gunung Semeru Keluarkan Lava Pijar, Bupati dan Tim Gabungan Minta Masyarakat Tetap Tenang

- 2 Desember 2020, 19:25 WIB
Bupati Lumajang Thoriqul Haq bersama muspida  mengunjungi lokasi masyarakat yang terkena dampak Gunung Semeru
Bupati Lumajang Thoriqul Haq bersama muspida mengunjungi lokasi masyarakat yang terkena dampak Gunung Semeru /Dok Portal kabupaten Lumajang

INDOBALINEWS - Bupati Lumajang Thoriqul Haq menjelaskan bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang telah menyiapkan tempat evakuasi yang aman, salah satunya di Dusun Kamarkajang Desa Sumberwuluh, Candipuro.

Hal tersebut dilakukan untuk memberikan tempat yang aman dan layak bagi warganya yang terkena musibah meletusnya gunung Semeru dengan lahar panasnya.

"Beberapa pemukiman telah dipersiapkan untuk evakuasi hingga bekas lahar panas semeru benar-benar aman dari pemukiman," ujar Thoriqul.

Baca Juga: PLN Jawa Bali Makin Handal, Sukses Operasikan GITET 500 kV Pemalang Batang Ekstension

Thoriqul Haq pun meminta agar masyarakat tetap tenang dan meningkatkan kewaspadaan. Hal itu disampaikannya saat meninjau lokasi di Dusun Curah Kobokan, Desa Supit Urang Kec Pronojiwo, Selasa 01 Desember 2020.

Warga setempat yang berada di kaki gunung tertinggi di Pulau Jawa tersebut sempat panik dan berhamburan keluar rumah saat kejadian meletusnya gunung Semeru. 

Dan atas segala kemungkinan yang ada, Bupati meminta agar masyarakat tetap tenang dan memperhatikan himbauan yang diberikan oleh petugas dari BPBD Lumajang, TNI maupun Polri.

Baca Juga: Token Listrik Gratis di Akhir Tahun Desember 2020, Ini Caranya!

"Tadi informasi dari petugas pos pantau menyampaikan bahwa memungkinkan untuk terjadi letusan sekunder, masyarakat saya minta standby, meskipun saat ini aktivitas semeru sudah turun tetapi kita harus tetap meningkatkan kewaspadaan," ujar Thoriqul.

Halaman:

Editor: Rudolf

Sumber: Portal Berita Kabupaten Lumajang


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah