53 Awak KRI Nanggala 402 Gugur, Negara Akan Berikan Bintang Jasa Jalasena dan Kenaikan Pangkat

- 26 April 2021, 14:35 WIB
Presiden Joko Widodo menyampaikan duka atas gugurnya 53 prajuirt awak KRI Nanggala 402 dan gugurnya Kepala BIN Daerah Papua di Istana Merdeka Jakarta, Senin, 26 April 2021.
Presiden Joko Widodo menyampaikan duka atas gugurnya 53 prajuirt awak KRI Nanggala 402 dan gugurnya Kepala BIN Daerah Papua di Istana Merdeka Jakarta, Senin, 26 April 2021. /Twitter.com/@setkabgoid/BPMI

INDOBALINEWS – Masyarakat Indonesia sedang berduka atas tragedi tenggelamnya KRI Nanggala 402 dan gugurnya 53 awak kapal selam.

KRI Nanggala 402 dinyatakan hilang kontak pada Rabu 21 April 2021 di perairan utara Pulau Bali dan ditemukan pada Minggu 25 April 2021 di kedalaman 838 meter dalam kondisi kapal terbelah menjadi tiga.

Presiden Joko Widodo menyampaikan ucapan duka cita kepada seluruh keluarga yang gugur pada Senin 26 April 2021 didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Panglima TNI Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, dan Kepala Badan Intelijen Negara Budi Gunawan.

Baca Juga: KRI Nanggala 402 Tenggelam, Kasal Tegaskan Bukan ‘Human Error’ tetapi karena Faktor Alam

“Atas nama pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia, saya menyampaikan duka cita yang mendalam atas gugurnya 53 prajurit TNI Angkatan Laut di KRI Nanggala 402 dalam melaksanakan tugas di perairan utara Pulau Bali," kata Jokowi melalui tayangan Youtube Setpres.

Presiden mengatakan pengabdian seluruh awak kapal akan terpatri di sanubari rakyat Indonesia, seraya berdoa agar arwah para prajurit mendapatkan tempat terbaik di sisi Tuhah dan keluarga diberikan keihklasan, kesacaran, dan ketabahan.

Menurut Presiden mereka adalah putra putra terbaik bangsa, patriot terbaik penjaga kedaulatan negara.

Baca Juga: KRI Nanggala 402 Ditemukan di Kedalaman 838 Meter, Badan Kapal Lepas dan Berserakan

Kata dia negara akan memberikan penghargaan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi beserta Bintang Jasa Jalasena terkait dengan dedikasi pengabdian dan pengorbanan prajurit-prajurit terbaik bangsa tersebut,” kata Jokowi.

Halaman:

Editor: M. Jagaddhita

Sumber: PMJNews


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x