80 Juta Ton Limbah Plastik Cemari Laut Setiap Tahunnya

- 26 April 2021, 08:49 WIB
eberapa koleksi dari prototype produk sustainability yang dibuat dari kreasi sekitar 40+ member All Stars
eberapa koleksi dari prototype produk sustainability yang dibuat dari kreasi sekitar 40+ member All Stars /Dok. Converse All Stars

INDOBALINEWS - Ada 80 ribu ton limbah plastik yang dilepaskan ke laut setiap tahun dan secara global kurang dari 10% plastik didaur ulang.

Salah satunya, pulau yang terbentuk dari timbunan sampah ini terletak di Samudra Pasifik, diantara Hawaii dan California-mencakup wilayah seluas 1,6 juta kilometer persegi dan mengandung sekitar 80 juta ton limbah plastik yang akan terus berlipat ganda jumlahnya di setiap dekade.

Converse All Stars, sekelompok seniman dan aktivis muda yang sadar lingkungan, meluncurkan virtual Sustainable Renew Lab, sebuah gerai virtual di atas sampah yang menumpuk itu.

Baca Juga: Dinyatakan Tenggelam, Tragedi KRI Nanggala 402 Menjadi Kecelakaan Kapal Selam Terparah Sepanjang Sejarah

Tujuan utama pembuatan toko ini tidak hanya untuk mempertunjukkan koleksi prototipe sepatu sustainable yang telah dikerjakan.

Diantaranya juga untuk mengumpulkan dana guna penutupan pulau yang berisi tumpukkan sampah dan membuang fondasi sampahnya sesegera mungkin.
 
Meskipun saat Renew Lab Store tutup, bukan berarti pekerjaan All Stars selesai.

Baca Juga: Keluarga Besar KAHMI Doakan bagi Keselamatan Awak KRI Nanggala-402 di Laut Bali

"Jadi meskipun menutup toko tidak akan mengakhiri masalah, kami berharap ini akan meningkatkan kesadaran bagi semua, dan generasi mendatang, membantu menemukan solusi yang berkelanjutan,” ucap Varsha Yajman, Advokat Keadilan Iklim dan Anggota All Stars yang memimpin peluncuran gerai virtual ini.

Terdapat di gerai virtual ini, pengunjung dapat melihat beberapa koleksi dari prototype produk sustainability yang dibuat dari kreasi sekitar 40+ member All Stars, turut menampilkan member All Star yang menjadi team leader di campaign ini, Maggie Zhou dan Varsha Yajman (AUS).

Halaman:

Editor: R. Aulia


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x