Banjir Landa Warga Pesisir Selatan Sumbar, 100 KK Mengungsi

- 16 Agustus 2023, 09:15 WIB
Rumah warga di Pesisir Selatan Sumbar masih tergenang air akibat banjir higga Rabu 16 Agustus 2023.
Rumah warga di Pesisir Selatan Sumbar masih tergenang air akibat banjir higga Rabu 16 Agustus 2023. /Dok BPBD Pesisir Selatan

INDOBALINEWS - Banjir kembali melanda Pesisir Selatan, Provinsi Sumatra Barat hingga hari ini, Rabu tengah malam 16 Agustus 2023. Sebelumnya peristiwa ini diberitakan surut pada Senin kemarin 14 Agustus 2023. BPBD setempat melaporkan masih adanya genangan di rumah warga.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pesisir Selatan mencatat sekitar 100 KK di wilayahnya mengungsi ke tempat aman. Personel BPBD turut membantu warga untuk melakukan evakuasi dari tempat tinggalnya.

Beberapa warga berada di beberapa pos pengungsian. Menurut Kepala Bidang Kedarurata dan Logistik BPBD Kabupaten Pesisir Selatan Defrisiswardi, titik pengungsian belum terpusat.

“Pengungsian masih tersebar, ada yang di rumah kerabat atau saudara serta gedung serbaguna,” jelasnya.

Baca Juga: Tips Panjang Umur: Biasakan Nikmati 'Me Time', Berperan Penting Hidup Lebih Lama

Pantauan BPBD menyebutkan air kembali naik pada Selasa malam 15 Agustus 2023 sehingga pemukiman warga terendam. Sedangkan di Nagari Air Hitam, air cenderung surut dan beberapa titik masih ada genangan.

Upaya darurat yang telah dilakukan yaitu evakuasi warga dan pendistribusian bantuan kepada warga terdampak. Bersama dengan Camat Silaut dan forum pimpinan di tingkat kecamatan, BPBD Kabupaten Pesisir Selatan memberikan bantuan makanan, selimut dan matras. Di samping itu, petugas BPBD masih terus melakukan pendataan warga yang mengungsi ke tempat aman.

Baca Juga: Event Sport Tourism:' Zinc Trail Run, Dare You To Be More', Eksplorasi Pesona Ubud, Catat Tanggalnya

Tim kaji cepat BPBD mengidentifikasi kebutuhan mendesak untuk warga terdampak, antara lain makanan siap saji, air bersih dan dukungan pelayanan kesehatan.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x