Banjir Kapuas Meluas, Sebanyak 4.166 Rumah Terendam, Warga Terserang Gatal Gatal

- 2 April 2023, 11:04 WIB
Tim SAR Gabungan mengevakuasi warga yang terdampak banjir Kapuas yang terjadi sejak Rabu 29 Maret 2023.
Tim SAR Gabungan mengevakuasi warga yang terdampak banjir Kapuas yang terjadi sejak Rabu 29 Maret 2023. /Dok BPBD Kapuas

 

INDOBALINEWS - Banjir yang melanda wilayah Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, semakin meluas setelah hujan dengan intensitas tinggi masih sering terjadi dan memicu luapan DAS Kapuas.

Data dari BPBD setempat per Sabtu 1 April 2023 pukul 21.00 WIB, sebanyak 4.166 rumah di 14 desa terendam banjir dengan tinggi muka air (TMA) 40-130 sentimeter.

Adapun 14 desa tersebut berada di dua wilayah kecamatan yang rinciannya meliputi Desa Marapit, Desa Tapen, Desa Kota Baru, Desa Pujon, Desa Bajuh, Desa Penda Muntei, Desa Kayu Bulan, Desa Manis dan Desa Karukus di Kecamatan Kapuas Tengah.

Baca Juga: Tak Gubris Spanduk Bernada Sentilan, Imigrasi Bali Pilih Pamer Capaian Kinerja Dalam 3 Bulan

Berikutnya adalah Desa Petak Puti, Desa Tumbang Randang, Desa Lungkuh Layang, Desa Lawang Kamah dan Desa Lawang Kajang di Kecamatan Timpah.

Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas mendata setidaknya ada sebanyak 16.234 jiwa dari 5.357 KK telah terdampak banjir yang terjadi sejak Rabu 29 Maret 2023.

Kendati demikian, hingga saat ini tidak ada warga yang mengungsi dan memilih bertahan di rumahnya masing-masing.

Baca Juga: Bulan Ramadhan 'Ada yang Batal tapi Bukan Puasa'

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x