Kasus Korupsi Timah: Kejagung Periksa Saksi dari Kementerian ESDM

- 25 April 2024, 14:15 WIB
Ilustrasi tersangka korupsi timah.Harvey Moeis suami artis Sandra Dewi saat ditahan terkait dugaan kasus korupsi timah.
Ilustrasi tersangka korupsi timah.Harvey Moeis suami artis Sandra Dewi saat ditahan terkait dugaan kasus korupsi timah. /DB /YouTube

 

INDOBALINEWS - Kasus dugaan korupsi timah yang menyeret nama Harhey Moeis suami artis Sandra Dewi berlanjut dengan pemeriksaan saksi-saksi lagi.

Sejumlah saksi baru yang diperiksa Penyidik Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejaksaan Agung sebanyak tiga orang, dua dari pihak Inspektorat Tambang dan seorang lagi dari pihak Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Saksi dari Kementerian ESDM yang diperiksa terkait penyidikan perkara dugaan korupsi tata niaga timah wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah Tbk tahun 2015 hingga 2022 ini berinisial BE.

Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Ketut Sumedana menyebut saksi diperiksa berinisial BE, selaku Sub Koordinator Pemasaran pada Kementerian ESDM.

Baca Juga: Perempat Final Piala Asia U-23 2024: Shin Tae Yong Fokus Patahkan Lini Pertahanan Korsel

Selain BE, jaksa penyidik juga memeriksa dua saksi lainnya berinisial FA dan TM selaku Inspektorat Tambang.

“Ketiga saksi diperiksa terkait dengan penyidikan perkara untuk memperkuat pembuktian dan melengkapi pemberkasan dalam perkara dimaksud,” kata Ketut dilansir dari Antara Kamis 25 April 2024.

Dalam penyidikan perkara ini, jaksa penyidik baru-baru ini telah menyita lima perusahaan smelter di Bangka Belitung. Kelima smelter tersebut, yakni smelter CV Venus Inti Perkasa (VIP) beserta satu bidang tanah dengan luas 10.500 m2; smelter PT Stanindo Inti Perkasa (SIP) beserta beberapa bidang tanah dengan total luas 85.863 m2; smelter PT Tinindo Internusa (TI) beserta bidang tanah dengan total luas 84.660 m2; dan smelter PT Sariwaguna Binasentosa (SBS) beserta beberapa bidang tanah dengan total luas 57.825 m2.

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x