Tips Panjang Umur: Biasakan Nikmati 'Me Time', Berperan Penting Hidup Lebih Lama

- 16 Agustus 2023, 08:40 WIB
Ilustrasi me time menikmati ombak di laut
Ilustrasi me time menikmati ombak di laut /Pexels/James Wheeler

 

INDOBALINEWS - Menikmati waktu untuk diri sendiri atau 'Me time' ternyata tak hanya untuk meredam setress di tengah padatnya kesibukan dalam rutinitas sehari-hari tapi bisa menjadi salah satu penyebab manusia berumur panjang.

Tak hanya bermanfaat untuk merefresh psikis dan fisik agar memberi ruang bagi pikiran dan tubuh untuk istirahat, menurut sebuah penelitian Me Time menjadi salah satu penyebab manusia hidup lebih lama.

 

Penelitian ini dilakukan oleh seorang penulis yang mempelajari tentang manusia umur panjang di sejumlah negara Zona Biru, Dan Buettner.

Baca Juga: Event Sport Tourism:' Zinc Trail Run, Dare You To Be More', Eksplorasi Pesona Ubud, Catat Tanggalnya

Menurutnya paing tidak ada empat kebiasaan manusia-manusia tersebut yang menyebabkan mereka hidup lebih lama, seperti dilaporkan Times of India Selasa 15 Agustus 2023 dilansir Antara.

Salah satunya adalah luangkan waktu bersantai dan cara melakukannya bervariasi dari orang ke orang, dan dari satu Zona Biru ke Zona Biru lainnya.

Orang Ikaria (Yunani) bersantai dengan tidur siang, orang Sardinia (Italia) pergi ke bar atau cafe, dan orang Okinawa (Jepang) mengambil waktu sejenak untuk menghormati leluhur mereka.

Baca Juga: Mati Lampu, Slamet Riyanto asal Rembang Tewas saat Nyalakan Listrik

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: Times of India


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x