Waspada Gelombang Tinggi 6 meter di Sejumlah Perairan Indonesia, di Bali Gelombang Laut Capai 2 Meter

- 23 Agustus 2023, 08:01 WIB
Ilustrasi gelombang, BMKG mengimbau masyarakat pesisir untuk mewaspadai potensi gelombang tinggi hingga 6 meter.
Ilustrasi gelombang, BMKG mengimbau masyarakat pesisir untuk mewaspadai potensi gelombang tinggi hingga 6 meter. /Pixabay

INDOBALINEWS - Pada hari ini Rabu hingga Kamis 23-24 Agustus 2023 Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat pesisir waspada gelombang tinggi hingga enam meter yang berpotensi terjadi di beberapa wilayah perairan pada 23-24 Agustus 2023.

Sementara BMKG Bali juga memperingatkan agar mewaspadai tinggi gelombang laut yang dapat mencapai 2.0 meter atau lebih di Selat Bali bagian Selatan, Selat Badung, Selat Lombok bagian Selatan, Perairan Selatan Bali, dan Samudera Hindia Selatan Bali.

"Waspada gelombang sangat tinggi hingga enam meter di beberapa wilayah perairan Indonesia," kata Kepala Pusat Meteorologi Maritim, BMKG, Eko Prasetyo di Jakarta, Rabu 23 Agustus 2023.

Baca Juga: Luar Biasa! Eiger Bikin Rekor Jualan dengan Omzet 16 Kali Lipat di Shopee Live

Ia mengatakan pola angin menjadi salah satu yang menyebabkan terjadinya peluang peningkatan gelombang tinggi.

Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari selatan-barat daya dengan kecepatan angin berkisar 5-20 knot, sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari timur-tenggara dengan kecepatan angin berkisar 5-25 knot.

"Kecepatan angin tertinggi terpantau di perairan selatan Banten, Selat Sunda bagian selatan dan Perairan Merauke," paparnya dalam pernyataan resminya di web resmi BMKG Rabu 23 Agustus 2023.

Baca Juga: Agar Cita Rasa dan Aroma Khas Coklat Muncul, Akademisi Unwar Sarankan Pengolahan Biji Kakau dengan Cara Ini

Kondisi itu, kata dia, menyebabkan terjadinya peluang peningkatan gelombang setinggi 1,25-2,5 meter di perairan perairan utara Sabang, perairan barat Aceh, perairan selatan Kepulauan Mentawai, perairan timur Kepulauan Simeulue, Laut Natuna, Selat Karimata, perairan Kepulauan Belitung, Laut Jawa, perairan utara Jawa Timur, perairan selatan Kalimantan, Selat Makassar bagian selatan, perairan Kepulauan Selayar, Laut Flores.

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah