Marriot International Indonesia dan Solar Chapter Kolaborasi untuk Sediakan Sistem Air Bersih di Tafuli

- 5 September 2023, 14:22 WIB
Marriot International Indonesia dan Solar Chapter berkolaborasi menyediakan sistem air bersih di Tafuli, Malaka, NTT.
Marriot International Indonesia dan Solar Chapter berkolaborasi menyediakan sistem air bersih di Tafuli, Malaka, NTT. /Dok. Humas Marriot International Indonesia

INDOBALINEWS - Marriot International Indonesia meneruskan kolaborasi dengan Solar Chapter untuk proyek "Water For Tafuli". Proyek ini merupakan sebuah inisiatif penyediaan sistem air bersih di Tafuli, sebuah desa terpencil di Kabupaten Malaka, Nusa Tenggara Timur (NTT). Selain itu, kolaborasi ini merupakan bagian dari komitmen Marriot International Indonesia untuk mendukung kesejahteraan masyarakat. Proyek kolaboratif ini dimulai pada Sabtu (2 September 2022), dan setelah hampir satu tahun, proyek ini kini telah selesai.

Sistem ini secara efisien mengalirkan hingga 65,100 liter (L) air setiap harinya dari Sungai Benenain untuk memenuhi kebutuhan 12 kran umum di 10 dusun Tafuli melalui jaringan pipa distribusi yang strategis. Dengan ditenagai 18 panel surya untuk sebuah pompa submersible, solusi berkelanjutan ini membentang sepanjang tiga kilometer (km) secara horizontal dan 118 meter (m) secara vertikal, mengurangi kelangkaan air yang telah berlangsung selama beberapa generasi, sekaligus membuka jalan untuk peningkatan pertanian, kesehatan publik, pendidikan, kemakmuran komunal, dan pembangunan holistik.

Baca Juga: NeutraDC Summit 2023: Indonesia Sangat Potensial Kembangkan Data Center Ramah Lingkungan

Menyemarakkan momen krusial ini, perwakilan dari Marriott Business Council Indonesia dan Solar Chapter memulai perjalanan bersejarah ke Tafuli untuk menyaksikan instalasi dan peluncuran sistem ini. Pada 17 Agustus 2023, pukul 14.00 Wita, air mulai mengalir ke Reservoir Atas di desa tersebut, menandai kemerdekaan Tafuli dari dekade kekurangan air. Selama kunjungan bersejarah ini, sebuah batu peringatan diletakkan, menandai tonggak penting menuju transformasi kehidupan komunitas setempat.

"Mengutamakan kepentingan manusia adalah salah satu nilai inti dari Marriott International – ini adalah salah satu pilar yang membimbing budaya perusahaan. Melalui portofolio yang beragam dari 22 merek hotel luar biasa di seluruh Indonesia, kami terus menunjukkan kekuatan kolektif dalam memberikan dampakdan perbedaan yang berarti di komunitas," ujar General Manager W Bali-Seminyak Titus Rosier melalui siaran pers. 

Baca Juga: Ditunjuk Jadi Ketua TPN Ganjar Pranowo, 'Arsjad Rasjid Sosok Mumpuni'

Terletak di NTT, Indonesia, Tafuli adalah sebuah desa terpencil di Kecamatan Rinhat, Kabupaten Malaka, dengan populasi 971 orang. Berada tiga km dari sumber air terdekat dengan perbedaan elevasi yang signifikan sebesar 118 m, penduduk desa ini setiap harinya menghadapi tantangan untuk mengakses air bersih, terutama bagi petani yang bergantung pada hasil pertanian untuk bertahan hidup.

Marriott International Indonesia bekerja sama dengan Solar Chapter untuk membantu komunitas Tafuli dengan cara menyediakan sistem pompa air bertenaga surya, sehingga penduduk dapat memiliki akses ke air dengan mudah. Inisiatif ini tidak hanya bakal meningkatkan sanitasi dan kesehatan publik, tetapi juga meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Lebih lanjut, inisiatif "Water for Tafuli" mendapat dukungan dari berbagai kegiatan yang diorganisir oleh portofolio hotel dan resor Marriott International di seluruh Indonesia, termasuk amal tahunan "Road to Give 2022", di mana hasilnya berkontribusi pada inisiatif ini.

Halaman:

Editor: Ronatal Siahaan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x