NeutraDC Summit 2023: Indonesia Sangat Potensial Kembangkan Data Center Ramah Lingkungan

- 5 September 2023, 12:20 WIB
Andreuw Thaf, CEO Telkom Data Ekosistem usai  pembukaan acara NeutraDC Summit 2023 di Nusa Dua Bali Selasa 5 September 2023.
Andreuw Thaf, CEO Telkom Data Ekosistem usai pembukaan acara NeutraDC Summit 2023 di Nusa Dua Bali Selasa 5 September 2023. /Dok Daf

 

INDOBALINEWS - Pengembangan data center ramah lingkungan sangat potensial di Indonesia. Sebab Indonesia adalah negara yang memiliki sumber daya yang sangat banyak. 

Hal itu dikatakan oleh Andreuw ThAF, CEO Telkom Data Ekosistem (NeutraDC) di sela sela acara NeutraDC Summit 2023 di Nusa Dua Bali Selasa 5 September 2023.

"Ada matahari, angin, geothermal serta banyak lainnya dan itu landasan menuju data center ramah lingkungan. Itulah yang menjadi landasan kita melakukan renewable. Di negara south east Asia kita yang bisa melakukan ini secara besar," ujarnya.

Baca Juga: Awas Jangan Sampai Terjebak, Berikut Ciri Pinjol Ilegal yang Wajib Dihindari

Pengembangan data center ramah lingkungan ini menjadi isu yang dibahas dalam acara Neutradc Summit 2023.  PT Telkom Tbk melalui anak usahanya Telkom Data Ekosistem (NeutraDC) menginisiasi pengembangan ekosistem data center di Indonesia dan untuk menjadi pembahasan dalam pertemuan yang dihadiri pengelola pusat data, dan perusahaan OTT dari sejumlah negara di Asia Pasifik tersebut terkait tren berkembangnya data center ramah lingkungan.

Andreuw ThAF mengatakan,bahwa event ini bagian dari langkah berani dan tidak biasa dari Telkom untuk memberikan ekosistem terkait data center di Indonesia.

"Dan ini salah satunya kita harus melakukan inisiatif memperkenalkan kepada industri kepada market. Dan perusahaan itu baru dibentuk 1,5 tahun dan kita mendapatkan amanah itu untuk mengkonsolidasikan seluruh data center Telkom yang ada di global dan domestik itu," kata Andreuw.

Baca Juga: IndonesianGP 2023 Mandalika: Khusus Masyarakat Lombok dan Sekitarnya Ada Tiket Promo, Cek Cara Dapatkannya

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x