Jalur Sepeda di Jakarta: Pengamat Apresiasi Komitmen Pemerintah Minimalisir Kecelakaan Pesepeda

- 9 November 2023, 13:18 WIB
Ilustrasi jalur sepeda.
Ilustrasi jalur sepeda. /ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

INDOBALINEWS - Pengamat kebijakan publik dari GMT Institute, Agustinus Tamtama Putra mendukung strategi Penjabat (PJ) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono dalam rangka meningkatkan keselamatan para pengendara saat berlalu lintas di jalan raya.

Hal ini disampaikan Agustinus Tamtama Putra menanggapi penggantian cone pembatas jalan sepeda dengan marka jalan mata kucing oleh Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta beberapa waktu lalu. Ia mengapresiasi komitmen Heru untuk menghadirkan kenyamanan berkendara bagi seluruh elemen masyarakat.

"Pertama, sebagaimana disampaikan Dishub bahwa jalur sepeda sudah melebihi target. Artinya, tidak ada kebijakan Pak Heru yang tidak pro lingkungan dalam konteks jalur sepeda. Kedua, justru ada kesungguhan untuk mengupayakan keselamatan dan kenyamanan semua pengendara, bukan hanya pesepeda. Ini yang saya kira perlu diapresiasi juga keamanan berkendara," ujarnya kepada wartawan, Kamis, 9 November 2023.

Baca Juga: Kemenkes Sebut Bakal Terus Tindaklanjuti Virus Cacar Monyet, Sosialisasi Sudah Diterapkan

Lebih lanjut Tamtama berpendapat, Jakarta sebagai kota yang sedang bermetamorfosa menjadi global city perlu melakukan berbagai pembenahan dan peningkatan infrastruktur, salah satunya transportasi.

Meski demikian, ia juga mendorong adanya edukasi tertib lalu lintas yang dilakukan secara masif oleh semua stakeholder yang terkait.

"Dari segi infrastruktur, Pemda punya kewajiban untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas sebagaimana ditargetkan dalam RPJMD. Tapi juga penting dilakukan sinergi multi pihak agar masyarakat memiliki sadar lalu lintas yang baik. Karena ujung tombak keselamatan lalu lintas ada pada kesadaran dan kehati-hatian," katanya.

Baca Juga: Cetak Kartu Ujian CPNS 2023 Masih Belum Muncul Tanggal jam atau Tempatnya? Begini Solusinya

Terkait munculnya kecaman perihal perubahan jenis pembatas jalan sepeda tersebut, Tamtam mengajak masyarakat untuk bisa berfikir objektif dan terbuka saat menanggapi kebijakan yang diterapkan Pemprov DKI Jakarta.

Halaman:

Editor: Wildan Heri Kusuma


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah