Kemenkes Klaim Kasus Virus Cacar Monyet di Indonesia Terus Naik, 34 Orang Terinfeksi

- 8 November 2023, 15:17 WIB
Ilustrasi cacar monyet.
Ilustrasi cacar monyet. /Getty Images/iStockphoto/ZEEDIGN

 

INDOBALINEWS - Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mengklaim saat ini kasus virus cacar monyet terus mengalami kenaikan. Adapun, tercatat sebanyak 34 orang terinfeksi di seluruh Indonesia.

"Kasus Monkeypox (cacar monyet) itu memang naik terus setiap harinya. Total ada 34 orang yang terinfeksi virus tersebut," ujar Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin saat ditemui di RSUD Kabupaten Tangerang, Rabu 8 November 2023.

Ia menambahkan bahwa orang yang terinfeksi virus cacar monyet terbanyak ada di Provinsi DKI Jakarta, yaitu berjumlah 27 orang. Kemudian, di Provinsi Banten sebanyak lima orang dan Bandung sebanyak dua orang.

Baca Juga: Transfer Pemain Liga 1: Mikael Tata Resmi Berseragam Persebaya Surabaya Usai Mundur dari Arema FC

"Sampai sekarang Alhamdulillah tidak ada yang wafat karena kita bisa identifikasi cepat kemudian kita kasih obatnya. Obatnya sudah ada," terangnya.

Budi juga menegaskan bahwa virus cacar monyet ini penularannya lewat hubungan seksual. Jadi, tidak mudah penularannya seperti virus Covid-19 yang cepat menular. Virus cacar monyet hanya menular lewat hubungan seksual dan hubungan tertentu.

"Saat ini kita juga sudah punya vaksinnya jadi vaksinya secara di belakang layar kita lakukan. Ini hanya di berikan ke kelompok tertentu yang memiliki resiko tinggi," tandasnya.***

Baca Juga: Tiga Wasit Indonesia Dipilih FIFA Bertugas di Piala Dunia U17, Sudah Ikut Pelatihan VAR

Halaman:

Editor: Ronatal Siahaan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x