Gempa Sumedang: 331 Pasien Rumah Sakit Diungsikan ke Tenda Darurat dan Tempat Aman

- 1 Januari 2024, 11:09 WIB
Akibat Gempa Sumedang, pasien RSUD dievakuasi ke halaman gedung dan lima tenda yang ditempatkan di jalan raya
Akibat Gempa Sumedang, pasien RSUD dievakuasi ke halaman gedung dan lima tenda yang ditempatkan di jalan raya /Antara Foto/Raisan Al Farisi/

INDOBALINEWS - Sebanyak 331 pasien Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sumedang Jawa Barat diungsikan Badan Search And Rescue Nasional (Basarnas) Bandung ke tempat lebih aman dan tenda darurat menyusul Gempa Sumedang yang terjadi pada Minggu 31 Desember 2023.

Evakuasi ratusan pasien ke tempat yang lebih aman untuk menghindari bahaya dampak gempa bumi yang mengguncang Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

"Dilaporkan bahwa semalam 248 pasien di RSUD Kabupaten Sumedang telah kita evakuasi ke titik yang paling aman, ditambah 83 pasien IGD juga telah kita tempatkan di posko tenda darurat yang telah disediakan Pemerintah Kabupaten Sumedang," kata Kepala Basarnas Bandung Hery Marantika saat dihubungi melalui telepon seluler, Senin 1 Januari 2024.

Baca Juga: Asnawi Mangkualam Resmi Tinggalkan Jeonnam Dragons, Jadi Merapat Persib Bandung?

Ia menyampaikan hingga Senin pagi seluruh pasien yang berhasil dievakuasi ke luar bangunan RSUD Sumedang masih bertahan di tempat aman, seperti di tenda yang sudah dipasang oleh pemerintah daerah.

"Sampai pagi tadi kami dapat laporan demikian (di luar RSUD), namun memang akan segera dikembalikan ke ruangan," katanya Senin 1 Januari 2024 dilansir Antara.

Ia mengatakan selama ini jajaran Basarnas atau Kantor Pencarian dan Pertolongan Bandung siap siaga memantau dan berkoordinasi dalam penanganan daerah yang terdampak bencana gempa bumi di Kabupaten Sumedang, Minggu (31/12) malam.

Baca Juga: Tips Cara Mencegah Diabetes yang Bisa Dilakukan Mulai Hari Ini

Sampai Senin pagi, kata dia, jajarannya terus memastikan dan berkoordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan di Kabupaten Sumedang untuk mengecek daerah yang terdampak bencana gempa bumi tersebut.

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x