Erupsi Gunung Ruang Sulut: BNPB Siagakan Helikopter

- 20 April 2024, 22:24 WIB
Gunung Ruang di Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara masih terus mengeluarkan asap vulkanik pada Jumat (19/4/2024).
Gunung Ruang di Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara masih terus mengeluarkan asap vulkanik pada Jumat (19/4/2024). /ANTARA/Basarnas/

INDOBALINEWS - Agar upaya penanganan darurat evakuasi pengungsi yang terdampak erupsi Gunung Ruang di Sulawesi Utara tertangani dengan baik dan penyaluran bantuan bisa berjalan maksimal Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyiagakan helikopter.

Helikopter ini juga untuk membantu upaya penanganan darurat bagi warga di Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara, dan sekitarnya yang terdampak erupsi Gunung Ruang.

"Ada satu unit helikopter yang disiagakan di Lapangan Bola Stadion Klabat, Kota Manado pada hari ini," kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Sabtu 20 April 2024 dilansir dari Antara.

Baca Juga: Liga 1 Indonesia: 'Hattrick' David Da Silva Bawa Persib Kandaskan Persebaya 3-1

Ia memastikan helikopter tersebut siap mendukung segala keperluan kedaruratan, baik untuk mengangkut segenap bantuan logistik maupun evakuasi warga di Kepulauan Sitaro dan sekitarnya.

Dengan disiagakan helikopter tersebut, BNPB berharap upaya penanganan darurat evakuasi dan penyaluran bantuan bisa berjalan maksimal karena sebelumnya hanya mengandalkan transportasi kapal laut dari Basarnas dan TNI AL. ​​​​​​"Keselamatan warga menjadi hal yang diprioritaskan," ujarnya.

Berdasarkan data rekapitulasi BNPB diketahui ada sebanyak 11.624 warga Kepulauan Sitaro terdampak erupsi Gunung Ruang yang terjadi sejak Kamis (18/4).

Sebanyak 11.624 warga itu tersebar di 10 desa dan dua kelurahan di Kecamatan Tagulandang, meliputi Desa Pumpente, Laingpatehi, Mahangiang, Tulusan Barangka Pehe, Apengsala, Lesah Rende, Pahiama, Boto, Leseh, serta Kelurahaan Bahoi dan Balehumara.

Baca Juga: Kunjungan Wisatawan Pecah Saat Lebaran Topat di Mandalika Lombok

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x