Dampak Erupsi Gunung Riung, Peralatan Seismik untuk Rekam Aktivitas Vulkanik Rusak

- 18 April 2024, 21:54 WIB
Potret letusan gunung Ruang di Sitaro Sulawesi Utara
Potret letusan gunung Ruang di Sitaro Sulawesi Utara /alfian.makahinsade.14/Facebook

 

INDOBALINEWS - Peralatan seismik yang terpasang untuk merekam aktivitas vulkanik gunung yang berada di Pulau Ruang rusak akibat erupsi Gunung Ruang.

Peralatan seismik tersebut rusak saat letusan besar yang terjadi Rabu 17 april 2024 malam. Kepala Balai Pemantauan Gunung Api dan Mitigasi Bencana Gerakan Tanah Sulawesi dan Maluku Juliana DJ Rumambi mengatakan perbaikan alat tersebut akan secepatnya dilakukan.

"Rusak kemarin sore pada saat letusan pukul 18.00 WITA dan letusan lebih besar pukul 20.15 WITA. Kerusakan baru mulai kemarin," kata Juliana DJ Rumambi di Manado, Kamis 19 April 2024.

Baca Juga: Menlu Retno Marsudi: China Mitra Dagang Terbesar bagi Indonesia

Lebih lanjut dibeberkannya perbaikan akan dilakukan secepatnya atau mungkin dengan alternatif lain menunggu bagian instrumentasi dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG).

"Alat kita di Gunung Ruang posisinya mati akibat erupsi sehingga sampai saat ini belum bisa membaca kegempaan di sana. Namun kami berusaha untuk datangkan tim dari Bandung dan Jogja," kata Juliana dilansir dari Antara.

Tidak berfungsinya peralatan seismik di sana, kata dia, dapat disiasati dengan memasang Closed-Circuit Television (CCTV) atau menerbangkan 'drone'.

Baca Juga: Lagi Tren, Wisatawan Lebih Pilih Eksplorasi Daerah Baru

"Hal-hal ini bisa saja diupayakan agar kondisi terkini Gunung Ruang bisa terpantau," katanya.

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x