Atlet Indonesia di Asian Para Games Posisi ke 6 Lampaui Target, Angela: Buah Hasil Kerja Keras Panjang

- 30 Oktober 2023, 18:20 WIB
Sejumlah atlet Indonesia dalam ajang Asian PAra Games sekembalinya ke Tanah Air di Solo Minggu 29 Oktober 2023.
Sejumlah atlet Indonesia dalam ajang Asian PAra Games sekembalinya ke Tanah Air di Solo Minggu 29 Oktober 2023. /Dok Kemenparekraf

INDOBALINEWS - Atlet Para Games Indonesia meraih prestasi yang melampaui target di ajang Asian Para Games 2022 di Hangzhou, Republik Rakyat Tiongkok dengan menduduki peringkat 6.

Para atlet berhasil memperoleh 29 medali emas, 30 perak, dan 36 perunggu dengan total 95 medali. Hasil itu melampaui target yang ditetapkan, yakni masuk 10 besar.

Untuk itu Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  (Wamenparkraf) Angela Tanoesoedibjo mengapresiasi perjuangan para atlet saat menyambut sekembalinya dari China di Bandara Adi Soemarmo, Solo, Minggu29 Oktober 2023.

Baca Juga: Sepasang Pelajar Kepergok Telanjang 'Main Kuda Lumping' di Kawasan Bendungan Pandan Dure, Lotim

“Sejak saya ditunjuk sebagai CdM, saya mengikuti perjalanan para atlet dari mulai pelatnas, klasifikasi, kualifikasi, sampai titik akhir pertandingan. Dan saya bisa katakan bahwa hasil hari ini bukan suatu kebetulan tetapi merupakan buah dari kerja keras yang panjang dan mungkin tidak terlihat di media dan publik, jadi kita patut mengapresiasi dan berbangga bersama. Dan ini suatu bukti nyata usaha tidak pernah mengkhianati hasil,” kata Wamenparekraf Angela yang juga sebagai  Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia di Asian Para Games 2022 dalam pernyataan resminya.

Menurutnya, pencapaian itu merupakan prestasi tertinggi tim Asia Tenggara. Wamenparekraf berterima kasih kepada Presiden Joko Widodo dan jajaran yang telah memberikan dukungan penuh.

"Kami bersyukur kontingen Indonesia dapat kembali ke Tanah Air dalam kondisi yang baik dan sehat. Kami bisa mencapai peringkat enam. Ini merupakan prestasi tertinggi bagi negara Asia Tenggara sekaligus merupakan suatu kebanggaan yang patut kita syukuri. Terima kasih kepada Presiden Joko Widodo atas dukungan penuh kepada kami," kata Wamenparekraf Angela.

Baca Juga: Investasi Emas: Langkah-Langkah Jitu Agar Untung dan Tidak Rugi

Indonesia juga memecahkan 13 rekor yang terdiri dari delapan rekor Asia Para Games, tiga rekor ASEAN, dan dua rekor dunia.

Wamenparekraf menambahkan, Indonesia untuk pertama kalinya memiliki atlet yang mendapatkan lebih dari satu emas di Asian Para Games. Mereka adalah atlet para atletik Sapto Yogo Purnomo dan pecatur Khairunnisa, yang masing-masing membawa pulang 3 medali emas.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x