Jelang Pemilu 2024: Tiap Tahapan Berpotensi Terjadi Kerawanan

- 10 Oktober 2023, 14:25 WIB
Rapat koordinasi kesiapan pengamanan dengan instansi terkait penyelenggaraan Pemilu Senin 9 Oktober 2023.
Rapat koordinasi kesiapan pengamanan dengan instansi terkait penyelenggaraan Pemilu Senin 9 Oktober 2023. /Dok Humas Polresta Denpasar

INDOBALINEWS - Setiap tahapan menjelang Pemilu 2024 memiiki potensi kerawanan dari mulai saat Pendaftaran Calon, Verifikasi dan Penetapan, pelaksanaan kampanye , pendistribusian logistik, masa tenang, pungut suara, penghitungan dan penetapan hasil suara Penetapan hasil suara dan pada saat pelantikan.

Hal itu dikatakan oleh Wakapolresta Denpasar AKBP. Dr. I Wayan Jiartana saat memimpin langsung pelaksanaan Rakor pengamanan Pemilu yang digelar Polresta Denpasar Senin 9  Oktober 2023.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Dandim 1611 Badung diwakili Kasiter Kapten Infantri I Wayan Suara, KPU Kota Denpasar diwakili Divisi Teknis Penyelenggaraan I Made Windia, KPU Kab. Badung diwakili Divisi Teknis Penyelenggaraan, Ni Luh Nesia Padma Gandi.SH.,Ketua Bawaslu Kota Denpasar, I Putu Hardy Sarjana, Ketua Bawaslu Kab. Badung, I Putu Hery Indrawan dan para pejabat utama Polresta.

Baca Juga: Pejuang CASN Wajib Tahu! Begini 5 Langkah Lihat Hasil Seleksi Administrasi CASN 2023

Lebih lanjut dikatakannya sejauh ini Polresta mengambil langkah langkah sebagai upaya mencegah dan menangkal ancaman gangguan keamanan dengan melakukan deteksi dini terhadap gangguan keamanan, meningkatkan kegiatan turjagwali serta binluh kepada masyarakat dalam bentuk opini yang menguntungkan bagi kegiatan operasi.

Juga melaksanakan penindakan berupa upaya paksa terhadap pihak yang melakukan perbuatan yang dapat mengganggu atau menggagalkan pemilu serta akan melakukan penegakan hukum jika ada pelanggaran tindak pidana pemilu.

Tahapan pemilu sudah berjalan dan Operasi Mantap Brata Agung ini rencananya akan dimulai pada tanggal 19 Oktober 2023, pengamanan ini tertujuan untuk menjamin rasa aman para penyelenggara dan peserta pemilu 2023-2024 serta masyarakat dapat hadir ke TPS untuk menggunakan hak pilihnya dengan tenang dan terbebas dari rasa takut akan ancaman dalam bentuk apapun.

Baca Juga: Tips Bayi Lahir Cantik dan Kulit Putih Glowing Anda Wajib Tahu Bumil!

Dalam sambutan Wakapolresta mengatakan bahwa kegiatan rapat Koordinasi Persiapan Operasi perlu dilaksanakan dan Polresta sudah siap melaksanakan pengamanan Operasi Mantap Brata Agung, rencananya pergelaran pasukan akan dilaksanakan H-2 sebelum tanggal 19 Oktober 2023. “Polresta Denpasar sudah siap melaksanakan Operasi Mantap Brata Agung dan dalam waktu dekat kami akan gelar pasukan pengamanan,” ucapnya.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah