Astronom Pemburu Alien Analisis Sinyal Radio Misterius

- 21 Desember 2020, 21:21 WIB
radio telescope
radio telescope /PIXABAY

INDOBALINEWS - Para astronom yang mendengarkan tanda-tanda kehidupan alien telah menerima sinyal radio misterius yang berasal dari sekitar Proxima Centauri yang merupakan salah satu tetangga terdekat Bumi.

Dan tidak ada penjelasan yang jelas yang untuk membuktikan bahwa kemungkinan transmisi tersebut adalah sinyal alien, Proxima Centauri yang hanya berjarak 4,2 tahun cahaya dari Bumi dan juga merupakan bintang terdekat dengan matahari.

Baca Juga: Kasus Keracunan Gas di Jimbaran Bali, Korban Tak Pernah Laporkan Usaha Penyamakan Kulit

Dan sinyal tersebut diterima selama 30 jam menurut pengamatan pada 2019, oleh astronom di Parkes Observatory di NSW Itu kemudian. Hal itu diidentifikasi hanya beberapa bulan yang lalu ketika para peneliti menelusuri data, dengan frekuensi yang sangat sempit 982 MHz menunjukkan teknologi daripada asal-usul alam.

Baca Juga: Operasional Transportasi Umum di DKI Dibatasi Karena PSBB Diperpanjang

Penemuan menarik tersebut baru terungkap secara terbuka minggu ini dalam berita yang bocor ke surat kabar British Guardian. Demian yang dikutip indobalinews.com dari 7news.com.au.

"Scientific American melaporkan bahwa sinyal tersebut tidak dapat dianggap sebagai gangguan yang berasal dari manusia atau alam, yang berarti sinyal tersebut mungkin berasal dari luar bumi - yang disebut "tanda teknologi"," begitu yang tertulis dalam laporan itu.

Baca Juga: Cek Poin Penting Surat Edaran Satgas Covid-19 Tentang Prokes Selama Liburan Nataru

Proxima Centauri juga merupakan rumah bagi planet mirip Bumi yang disebut Proxima b yang merupakan planet terdekat di luar tata surya kita, dan sinyal tersebut terdeteksi sebagai bagian dari proyek Breakthrough Listen senilai $ 100 ($ A131) juta selama satu dekade, yang didirikan pada 2016.

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: 7news.com.au


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x