Gerakan Penanaman Mangrove Serentak 23 Provinsi, Gen Z Bali Tanam 1.000 Bibit

- 25 April 2024, 18:30 WIB
Sekda Bali  Dewa Made Indra bersama GenZ Bali menanam 1.000 bibit dalam Gerakan Penanaman Mangrove Serentak 23 Provinsi Kamis 25 April 2024.
Sekda Bali Dewa Made Indra bersama GenZ Bali menanam 1.000 bibit dalam Gerakan Penanaman Mangrove Serentak 23 Provinsi Kamis 25 April 2024. /Dok Humas Pemkot Bali

INDOBALINEWS - Sekretaris Daerah Provinsi Bali Dewa Made Indra mengikuti kegiatan penanaman 1.000 bibit mangrove yang dipusatkan di Mangrove Arboretum Park Kelurahan Pedungan, Denpasar Selatan, Kamis 25 April 2024.

Kegiatan ini merupakan bagian dari gerakan penanaman 25.000 mangrove yang dilaksanakan serentak di 23 provinsi.

Membaur dengan peserta lain yang terlibat dalam kegiatan itu di mangrove park, Sekda Dewa Indra menanam mangrove jenis Rhizophora Stylosa. Kesempatan itu dimanfaatkan Sekda Dewa Indra untuk mengedukasi peserta gerakan tanam mangrove yang didominasi para pelajar dan mahasiswa. Di mana mereka rata-rata masuk dalam kelompok Generasi Z (Gen Z).

Baca Juga: Kasus Korupsi Timah: Kejagung Periksa Saksi dari Kementerian ESDM

Sebelum melakukan penanaman, ia mengajak para peserta memekikkan yel-yel. "Kita jaga mangrove, mangrove jaga kita! Keren full," pekiknya diikuti oleh peserta lain. Berikutnya, dipandu oleh petugas, Sekda Dewa Indra diikuti peserta lainnya melubangi bagian bawah kantong plastik tempat penyemaian bibit mangrove lanjut ditanam pada lubang yang telah disiapkan panitia.

Usai melakukan penanaman, Sekda Dewa Indra mengikuti dialog dengan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Siti Nurbaya melalui video conference. Dalam dialog dengan Menteri LHK, Dewa Indra menyampaikan dukungan terhadap berbagai upaya yang dilakukan untuk menambah luas tanam mangrove di seluruh Indonesia khususnya Bali.

Ia juga menginformasikan bahwa gerakan penanaman mangrove di Daerah Bali melibatkan Gen Z. “Kami di sini bersama adik-adik kita dari Gen Z. Ini merupakan cara untuk mengedukasi mereka agar tahu dan paham tentang pentingnya keberadaan mangrove,” ungkapnya. Menurut Dewa Indra, mangrove mempunyai banyak fungsi penting yang meliputi fungsi ekologis, klimatologis hingga pengurangan emisi. Ditambahkan olehnya, keberadaan mangrove sangat penting, khususnya untuk Bali Selatan yang termasuk dalam peta wilayah dengan risiko tinggi tsunami. “Mangrove adalah benteng pertahanan yang harus kita jaga dengan baik,” ujarnya.

Baca Juga: Gegara Serempetan Motor di Jalan, 2 Pemuda Babak Beluk Dikeroyok

Lebih jauh ia menjelaskan, Bali memiliki hutan mangrove yang terhampar di atas 3.000 hektare luas tanam. “40 persen atau sekitar 1.400 hektare ada di wilayah Bali Selatan,” imbuhnya. Karena berbagai faktor, ada areal tanam yang bolong dan mesti segera dipulihkan.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x