AC Mobil Tidak Dingin, Ayo Periksa Bagian Bagian ini

- 2 September 2020, 06:00 WIB
Ilustrasi AC mobil
Ilustrasi AC mobil /Pixabay

INDOBALINEWS - Tak bisa dipungkiri bahwa saat ini setiap mobil pasti memiliki perlengkapan pendingin ruang kabin yang disebut Air Conditioner (AC).

Kelengkapan ini sepertinya sudah menjadi kebutuhan dasar bagi mobil pribadi, mobil niaga, bus dan truk bahkan pada kabin kemudi alat berat sekalipun. 

Penggunaan AC mobil yang terus menerus atau bahkan jarang dipakai sekalipun terkadang bisa membuat AC kurang dingin, dan menjadi tidak nyaman bagi pengguna mobil itu.

AC Mobil juga membutuhkan perawatan rutin agar tetap maksimal manfaatnya. Minimal wajib secara rutin dibersihkan untuk meminimalisir kerusakan jangka pendek.

Baca Juga: Cek FAKTA : Perokok Lebih BeresikoTerjangkit Covid-19 Daripada Non-Perokok

Mari kita periksa beberapa bagian dari mesin AC dan apa yang perlu kita lakukan:

Filter dan Evaporator yang kotor,

karena debu, nikotin bekas asap rokok dan kotoran halus lain yang terhisap dan menempel pada filter dan evaporator. Salah satu gejala adalah hembusan nya yang lemah walau sudah di setel posisi tertinggi. Ini bisa diatasi dengan membersihkan secara berkala filter AC yang umumnya terletak di balik dashboard sebelum kipas blower.

Bilamana belum ada filter bisa ditambahkan pada tempat yang sudah ada. Rajin-rajin pula bersihkan debu dan partikel kecil lainnya di lantai kabin yang berdekatan dengan lubang pernafasan filter tersebut. Sedangkan nikotin bekas asap rokok dan kotoran yang sudah terlanjur menempel pada evaporator harus dibersihkan dengan bantuan jasa teknisi yang mumpuni.

Halaman:

Editor: Rudolf


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x