Hari Saraswati: Mengenal Silsilah Dewi Pengetahuan yang Diperingati Umat Hindu di Bali

- 27 Agustus 2021, 15:53 WIB
Dewi Saraswati
Dewi Saraswati /Instagram.com/@secrets_of_sanatani_hinduism

INDOBALINEWS – Umat Hindu di Bali memperingati Hari Suci Saraswati atau hari turunnya ilmu pengetahuan dengan melaksanakan serangkaian upacara pada Sabtu, 28 Agustus 2021.

Hari Suci Saraswati yang dirayakan setiap 210 hari sekali berdasarkan perhitungan kalender Bali.

Hari Saraswati jatuh pada hari Saniscara Umanis, Wuku Watugunung yang diyakini sebagai turunnya ilmu pengetahuan bagi umat manusia beserta anugerah dari Tuhan Yang Mahaesa melalui Dewi Saraswati.

Baca Juga: Upacara Nuwasen Pemugaran Mudra Gelung Agung Kori Pura Besakih

Siapakah Dewi Saraswati atau yang juga dikenal dengan Dewi Pengetahuan?

Dosen Program Studi Pendidikan Agama, Fakultas Pendidikan,  Universitas Hindu Indonesia (Unhi) Denpasar Ida Bagus Purwa Sidemen, S.Ag., M.Si, menjelaskan Dewi Saraswati adalah istri (sakti) dari Dewa Brahma yang menguasai ilmu pengetahuan.

Dewi Saraswati digambarkan dengan simbol sebagai seorang dewi yang sangat cantik yang diharapkan menjadi magnet manusia untuk mempelajari dan mendalami ilmu pengetahuan yang bermanfaat.

Ida Bagus Purwa Sidemen mengatakan Dewi Saraswati disimbolkan mengendarai seekor angsa, membawa lontar, alat musik rebab, dan bunga tunjung (teratai).

Kata dia kendaraan (wahana) seekor angsa, adalah cerminan kebijaksanaan. Seekor angsa bisa memilih dan memilah dengan baik sumber makanannya walaupun pada tempat yang kotor (berlumpur) sekalipun.

Halaman:

Editor: M. Jagaddhita


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x