Trend Transaksi Digital di Bali Meningkat Signifikan

- 26 Agustus 2021, 20:58 WIB
Acara Capacity Building bagi awak media di Bali yang digelar BI di Be Sanur Matahari Terbit, Kamis 26 Agustus 2021.
Acara Capacity Building bagi awak media di Bali yang digelar BI di Be Sanur Matahari Terbit, Kamis 26 Agustus 2021. /Dok Humas BI Bali

INDOBALINEWS - Bank Indonesia Perwakilan Bali gencar mengedukasi dan mensosialisasikan transformasi sistem pembayaran konvensional menuju digital.

"Digitalisasi ini merupakan cara untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Selama ini kami juga telah memberikan pelatihan kepada UMKM, dan kami berencana untuk melakukan pendampingan agar mereka lebih paham," ujar Kepala Perwakilan BI Bali Trisno Nugroho dalam acara Capacity Building bagi awak media di Bali yang digelar BI di Be Sanur Matahari Terbit, Kamis 26 Agustus 2021. 

Lebih lanjut Trisno juga mengatakan ada trend peningkatan transaksi digital di kalangan usaha sektor non formal hingga UMKM. Selain itu generasi milenial di Bali juga menjadi penyumbang signifikan terhadap transaksi digital. Trend tersebut juga terjadi pada masyarakat umum lainnya.

Baca Juga: The Funding Pitch Event di Jimbaran Hub Bali : Reality Show Mencari Para Entrepreneur

Bali saat ini mempunyai 276.776 merchant yang telah menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard, telah menempatkannya sebagai daerah dengan peringkat ketujuh pengguna QRIS tertinggi di Tanah Air.

"Kita patut berbangga, meskipun penduduk Bali tidak begitu besar atau sekitar 4,3 juta jiwa, tetapi penggunaan QRIS untuk merchant di Bali berkembang cukup pesat," kata Trisno.

Baca Juga: Satgas Kembali Antar Warga Yang Terkonfirmasi Covid19 untuk Jalani Isoter

Trisno juga menyampaikan pertumbuhan QRIS di Provinsi Bali hingga 20 Agustus 2021 yang mencapai 58 persen (ytd) juga berada di atas nasional yang sebesar 55 persen (ytd).

Berdasarkan posisi hingga 20 Agustus 2021, adapun dari peringkat 1 hingga 10 jumlah merchant QRIS tertinggi di Tanah Air yakni Provinsi Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah, Banten, Sumatera Utara, Bali, Sulawesi Selatan, Daerah Istimewa Yogyakarta dan Sumatera Selatan.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x