Upacara Nuwasen Pemugaran Mudra Gelung Agung Kori Pura Besakih

- 9 Agustus 2021, 13:21 WIB
Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) mengikuti upacara Nuwasen Pemugaran Mudra Gelung Agung Kori Pura Besakih, Minggu 8 Agustus 2021.
Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) mengikuti upacara Nuwasen Pemugaran Mudra Gelung Agung Kori Pura Besakih, Minggu 8 Agustus 2021. /Dok Humas Pemprov Bali

INDOBALINEWS - Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) mengikuti upacara Nuwasen Pemugaran Mudra Gelung Agung Kori Pura Besakih, Minggu 8 Agustus 2021.

Cok Ace didampingi Ratu Shri Bhagawan Putra Natha Nawa Wangsa Pemayun (Bhagawanta Gubernur dan Wakil Gubernur Bali) bersama beberapa pimpinan OPD terkait di Provinsi Bali.

"Mudra atau Puncak Gelung Agung Kori Pura Besakih sempat tersambar petir pada Sabtu, 28 Maret 2020. Dikarenakan situasi pandemi Covid-19 maka baru waktu dekat ini akan dilakukan pemugaran total kori agung tersebut.

Baca Juga: Intip Saat TNI Buka Barber Shop Dadakan untuk Warga di Perbatasan

Diharapkan pemugaran kori agung ini akan memberi kebaikan bagi umat," demikian dilaporkan Humas Pemprov Bali dalam pernyataan resminya yang diterima redaksi Senin 9 Agustus 2021.

Upacara yang berlangsung dengan protokol kesehatan ketat tersebut, dipuput oleh Ida Pedanda Griya Aan Klungkung dan Ratu Shri Bhagawan Putra Natha Nawa Wangsa Pemayun dengan rangkaian prosesi yang diawali dengan pecaruan, dilanjutkan dengan sembahyang bersama, ngelung kori dan beberapa prosesi lainnya.

Baca Juga: Bule Rusia Hilang, Tersesat di Gunung Sanghyang Bali

Tujuan dari upacara nuwasen tersebut adalah memohon ijin dan restu kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa untuk dilakukan pemugaran ditempat tersebut, hal itu ditandai dengan “ngelung kori”. Sehingga prosesi pemugaran nanti dapat berjalan lancar tanpa hambatan.

Hadir pula dalam kesempatan tersebut Pimpinan OPD Kabupaten Karangasem, Bendesa Adat Besakih, serta para prajuru yang ada di lingkungan Besakih.***

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x