Ganjarian Komter Bali Tetap Spartan di World Rabies Day, 28 September 2023

- 28 September 2023, 08:53 WIB
Ganjarian dalam World Rabies Day Kamis 28 September 2023.
Ganjarian dalam World Rabies Day Kamis 28 September 2023. /Dok Ranggawisnu

INDOBALINEWS - Dalam sebulan ini Ganjarian Komter Bali banyak berkegiatan dengan masyarakat, mulai dari Jalan Sehat Relawan Ganjar Bali, membersihkan Pantai Lembeng bersama Relawan World Cleanup Day (WCD), kampanye Relawan di Hari Bahasa Isyarat Internasional (ISLD) dan kali ini ikut memperingati Hari Rabies Dunia (WRD).

Bali adalah endemik Rabies, setelah menelan korban sebanyak 113 orang kurun 2009-2011. Seakan enggan pergi, korban Rabies di Bali kembali berjatuhan sepanjang 2020-2023, yaitu sebanyak 22 orang.

PJ Ketua Ganjarian Spartan Komter Bali, Ranggawisnu yang juga pegiat mitigasi Bali, mengingatkan pemerintahan dan PJ Gubernur Bali agar serius menangani Rabies. Terlebih dengan bergesernya target Bali Bebas Rabies menjadi tahun 2028.

Baca Juga: 250 Orang Muda Bali Siap Menyongsong Masa Depan Digital dan Bisnis Hijau Melalui Program ‘Ready to Work’

"Covid saja yg menjadi pandemi bisa diselesaikan 2 tahun, kenapa Rabies yg sudah KLB di Bali sejak 2008 tidak juga tuntas?" Ujarnya mengingatkan status KLB di beberapa Kabupaten juga belum dicabut atau diberlakukan kembali.

Keberhasilan penanggulangan pandemi Covid di Bali tidak terlepas dari peran semua pihak, penerapan strategi Pentahelix yg sesungguhnya, menurut Rangga.

Ranggawisnum PJ Ketua Ganjarian Spartan Komter Bali.
Ranggawisnum PJ Ketua Ganjarian Spartan Komter Bali. Dok Ganjarian

Baca Juga: Tanggapan Para Artis Geram dengan Perundungan Siswa SMP 2 Cimanggu yang Viral di Medsos

"Ganjarian Spartan Komter Bali siap membantu pemerintah dan mengajak Krama Bali untuk sama-sama kembali bertempur melawan Rabies secara Spartan!" yaitu dengan mengepung lokasi-lokasi risiko tinggi Rabies, melibatkan semua pihak termasuk perbanyak Anjing Bali yg divaksin. Strategi yg ia sebut sebagai penerapan herd immunity total, vaksinasi optimal.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah