Tanggulangi Rabies, Badung Genjot Vaksinasi dan Siapkan Shelter Anjing

- 26 Januari 2023, 12:48 WIB
Rapat koordinasi penanggulangan Rabies di Pemkab Badung Bali Rau 25 Januari 2023.
Rapat koordinasi penanggulangan Rabies di Pemkab Badung Bali Rau 25 Januari 2023. /Dok Duarte

INDOBALINEWS - Meningkatnya kasus rabies akibat gigitan anjing di Bali yang terakhir menimpa wisatawan asing di Pantai Legian membuat dinas terkait bergerak cepat mengambil langkah pemberantasan dengan memaksimalkan vaksinasi hingga pemnbentukan shelter atau tempat perlindungan anjing liar.

Kasus rabies terakhir menimpa wisman saat berlibur di Pantai Legian, mendapat perhatian serius Dinas Kesehatan Kabupaten Badung.

Selanjutnya digelar rapat koordinasi kegiatan monitoring penanggulangan rabies di Kabupaten Buleleng dan Kabupaten Badung bersama stakeholder di Kantor Puspem Badung, Rabu 25 Januari 2023.

Baca Juga: Jeka Saragih Ditantang Petarung India dalam Laga Final Road to UFC, Cek Jadwal dan Link Live Streaming di Sini

Selain jajaran pemerintahan seperti Dinas Kesehatan Provinsi Bali Pariwisata, Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Provinsi Bali dan Kabupaten Badung, Kementerian PMK, Kementerian Lingkungan Hidup, turut hadir akademisi Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Unversitas Udayana dan IAKMI Pengda Bali.

Dalam rapat dipimpin Kepala Dinas Kesehatan dr. Made Padma Puspita, dihadiri Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2M) Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes Imran Pambudi, akademisi Unud Putu Ayu Swandewi Astuti, Ketua IAKMI Bali Pengda Bali Ni Made Dian Kurniasari.

Baca Juga: Pariwisata Bali Jadi Percontohan untuk Kabupaten Berau Kaltim

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes Imran Pambudi mengatakan, dalam penanggulangan penyakit rabies upaya vaksinasi menjadi hal penting yang harus dilakukan pada hewan anjing.

Pasalnya, selama hewan dilepasliarkan kemudian tidak divaksin rabies, maka akan tetap membawa penyakit.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x