250 Orang Muda Bali Siap Menyongsong Masa Depan Digital dan Bisnis Hijau Melalui Program ‘Ready to Work’

- 28 September 2023, 07:02 WIB
Foto sesi seusai acara 'Ready to Work' yang diadakan Yayasan Plan International Internasional di Sanur, Denpasar, 27 Rabu 2023.
Foto sesi seusai acara 'Ready to Work' yang diadakan Yayasan Plan International Internasional di Sanur, Denpasar, 27 Rabu 2023. /Ronatal Siahaan/IndoBaliNews

INDOBALINEWS - Sebanyak 250 orang muda di Bali, termasuk perempuan dan penyandang disabilitas, siap memasuki dunia kerja digital dan melanjutkan usaha kewirausahaan hijau. Potensi ini diraih melalui “Ready to Work”, program pelatihan oleh Yayasan Plan International Indonesia (Plan Indonesia), dengan dukungan penuh dari Citi Foundation.

Pada 2022, "Ready to Work" diumukan sebagai salah satu program menerima hibah dari Citi Foundation (total hibah sebesar Rp 12 miliar untuk 4 mitra di Indonesia), melalui gerakan CitiPeka (Citi Peduli & Berkarya). Program ini juga merupakan bagian dari Pathways to Progress, inisiatif pemberdayaan ekonomi dan sosial global oleh Citi.

Baca Juga: Banjir Pujian, Putri Ariani Gebrak Final AGT 2023 lewat 'Don't Let the Sun Go Down On Me'

“Sebagai bank global, Citi dan Citi Foundation membantu menjawab tantangan ini dengan memanfaatkan bisnis kami, sumber daya manusia, dan filantropi kami untuk mendukung pemberdayaan masyarakat serta pertumbuhan dan kemajuan ekonomi. Kami berharap melalui rangkaian pelatihan program 'Ready to Work' dan dukungan usaha, kaum muda Bali dapat terus mengembangkan usaha mereka, khususnya dalam membangun usaha yang memiliki dampak berkelanjutan bagi lingkungan dan sosial,” ujar Country Head of Public Affairs Citi Indonesia Puni A. Anjungsari, Rabu 27 September 2023.

Baca Juga: Kerutan Dahi tak Melulu Problem Usia Tua, Anak Muda pun Bisa Terkena

Menurut data lembaga riset SMERU (2020), sebanyak 73 persen orang muda di Indonesia berminat untuk berwirausaha. Sementara, data BPS Provinsi Bali menunjukkan peningkatan jumlah angkata kerja pada Februari 2023, yaitu sebanyak 2,73 juta orang atau meningkat sebanyak 43,79 ribu orang dibandingkan Februari 2022.

Untuk menjawab kebutuhan tersebut, "Ready to Work" dilaksanakan di Bali. Dari 250 peserta pelatihan, 100 orang di antaranya kini telah menciptakan 70 unit bisnis hijau baru, termasuk melalui usaha-usaha berkelanjutan, seperti bisnis pengelolaan sampah, virgin coconut oil, anyaman, kopi, dan masih banyak lagi. Melalui bisnis baru ini, sebagaian kaum muda juga berhasil mempraktikkan prinsip green business dan memanfaatkan teknologi dalam pengelolaannya.

Baca Juga: Tanggapan Para Artis Geram dengan Perundungan Siswa SMP 2 Cimanggu yang Viral di Medsos

“Perkembangan ini menunjukkan bahwa para peserta sudah semakin siap menjadi palaku usaha dalam ekonomi sirkular. Maka, Plan Indonesia mendorong agar para pemangku kepentingan melanjutkan dukungannya, agar kaum muda memiliki akses yang setara dalam memasuki dan bertahan di pasar yang kian kompetitif,” ujar Direktur Eksekutif Plan Indonesia Dini Widiastuti pada acara penutupan "Ready to Work".

Halaman:

Editor: Ronatal Siahaan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x