Rabies Free Bali Butuh Komitmen Kolaborasi dan Sinergitas Lintas Sektoral

- 11 April 2023, 08:28 WIB
Workshop Penyusunan Rencana Kegiatan Kabupaten/Kota untuk Pengendalian dan Penanggulangan Rabies di Provinsi Bali yang digelar di Grand Inna Bali Beach Resort Kuta Senin 10 April 2023.
Workshop Penyusunan Rencana Kegiatan Kabupaten/Kota untuk Pengendalian dan Penanggulangan Rabies di Provinsi Bali yang digelar di Grand Inna Bali Beach Resort Kuta Senin 10 April 2023. /Shira Indobalinews

INDOBALINEWS - Target menciptakan Bali Bebas Rabies atau Rabies Free Bali yang  dicanangkan sesuai target nasional pada tahun 2030 nanti bukan hanya mimpi belaka.

Hal itu akan tercapai jika seluruh pihak bergandeng tangan membentuk sinergitas dan kolaborasi untuk melakukannya.

Secara nasional, Indonesia sangat mendukung upaya masyarakat global dunia untuk bisa bebas penyakit rabies pada tahun 2030.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Puji Aksi Kongkrit Kagama Bali Gelar Acara Lintas Umat Beragama

Dukungan ditandai dengan upaya melakukan sinergi lintas sektor dan lintas program di tingkat internasional, nasional baik pusat sampai ke daerah.

Seperti  yang dikatakan oleh Tara Singh Bam dari Asia Pacific CitiesAlliance for Health and Development (APCAT) bahwa tak mungkin target tercapai jika institusi atau lembaga terkait bekerja sendiri.

"Kita harus bersama-sama melakukannya, tak ada yang bisa melakukan nya sendiri termasuk adanya  kepemimpinan  secara lokal. Selain itu dibutuhkan akuntabilitas dan keberlanjutan  untuk mengeliminasi  rabies," ujat Tara saat memberikan sambutannya dalam acara Workshop Penyusunan Rencana Kegiatan Kabupaten/Kota untuk Pengendalian dan Penanggulangan Rabies di Provinsi Bali yang digelar di Grand Inna Bali Beach Resort Kuta Senin 10 April 2023.

Baca Juga: Bali Digoyang Dua Kali Gempa, Aktivitas di Pantai Kuta Normal

Lebih lanjut Tara mengatakan kerja sama juga diperlukan untuk  mengidentifikasikan, mencegah dan menanggulangi Rabies.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x