Konflik Iran-Israel Memanas, Indonesia Siapkan Strategi Jaga Rupiah

- 21 April 2024, 19:10 WIB
Ilustrasi konflik Iran-Israel dan dampaknya terhadap perekonomian Indonesia.
Ilustrasi konflik Iran-Israel dan dampaknya terhadap perekonomian Indonesia. /Freepik/freepik/

INDOBALINEWS - Konflik Iran-Israel yang saat ini tengah memanas dikhawatirkan berpotensi berimbas pada perekonomian dunia termasuk Indonesia.

Seperti yang dikatakan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati bahwa situasi global yang berkembang saat ini pasti akan berdampak pada perekonomian Indonesia, termasuk gejolak nilai tukar rupiah.

Untuk itu, lanjut Sri Mulyani, Indonesia menyiapkan strategi untuk menjaga nilai tukar rupiah di tengah konflik Iran-Israel.

“Stabilitas ekonomi makro akan senantiasa dijaga, baik dari sisi moneter maupun fiskal. Koordinasi dengan Bank Indonesia (BI) terus dilakukan untuk beradaptasi dengan tekanan yang ada. Dari sisi fiskal, kita memastikan APBN berperan menjadi shock absorber yang efektif dan kredibel,” kata Sri Mulyani dalam akun Instagram resmi @smindrawati, seperti dikutip Antara di Jakarta, Minggu 21 April 2024.

Baca Juga: Erupsi Gunung Ruang Sulut: 498 Rumah Warga dan Fasilitas Publik Rusak

Lebih lanjut dikatakannya di sisi ekspor, penerimaan akan jauh lebih baik dengan nilai tukar dolar yang menguat. Namun, di sisi impor, konversi harga terhadap rupiah akan lebih tinggi dan bisa berdampak pada inflasi di Indonesia.

Menkeu memastikan pemerintah terus mengantisipasi dan waspada terhadap perkembangan tersebut. “Saya yakin Indonesia akan tetap resilien dalam situasi ini,” ujar dia.

 

Tak hanya dalam kondisi saat ini, Bendahara Negara itu juga yakin perekonomian Indonesia tetap tangguh ke depannya, sama halnya dengan pengalaman melewati krisis pandemi lalu.

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x