Pembiayaan Ultra Mikro untuk Kemandirian Usaha Masyarakat

- 4 Februari 2022, 11:45 WIB
Sosialisasi BLU PIP pembiayaan UMi secara daring.
Sosialisasi BLU PIP pembiayaan UMi secara daring. /Screenshot webinar BLU PIP

 

INDOBALINEWS - Badan Layanan Umum Pusat Investasi Pemerintah (BLU-PIP) melakukan sosialisasi tentang program Pembiayaan Ultra Mikro (UMi).

Hadir dalam sosialisasi yang dilakukan daring, Kamis 3 Februari 2022 Ary Dekky Hananto, Kepala Divisi Penyaluran Pembiayaan I, Mohd. Zeki Arifudin, Direktur Pengelolaan Aset Piutang Badan Layanan Umum Pusat Investasi Pemerintah (BLU-PIP) dan Adhita Surya Permana - Kepala Divisi Sistem Informasi dan Teknologi Badan Layanan Umum Pusat Investasi Pemerintah (BLU-PIP).

"Pembiayaan Ultra Mikro (UMi) merupakan program tahap lanjutan dari program bantuan sosial menjadi kemandirian usaha yang menyasar usaha mikro yang berada di lapisan terbawah," ujar Ary Dekky, salah seorang pembicara dalam pernyataan resmi BLU PIP, Kamis 3 Februari 2022.

Baca Juga: Bandara Ngurah Rai Bali Layani Penerbangan Reguler Perdana Internasional dengan Prokes Ketat

Usaha mikro ini yang belum bisa difasilitasi perbankan melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR). UMi memberikan fasilitas pembiayaan maksimal Rp10 juta per nasabah dan disalurkan oleh Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB).

Pemerintah menunjuk Badan Layanan Umum (BLU) Pusat Investasi Pemerintah (PIP) sebagai coordinated fund pembiayaan UMi.

Pembiayaan UMi disalurkan melalui LKBB. Saat ini lembaga yang menyalurkan pembiayaan UMi antara lain: PT Pegadaian (Persero), PT Bahana Artha Ventura, serta PT Permodalan Nasional Madani (Persero). Sumber pendanaan berasal dari APBN, kontribusi pemerintah daerah dan lembaga-lembaga keuangan, baik domestik maupun global.

Baca Juga: Tes Pramusim MotoGP di Sirkuit Mandalika Diikuti 506 Pembalap dan Kru

Program ini dilakukan Ditjen Perbendaharaan sebagai bagian dari pemerintah untuk melanjutkan dukungan terhadap program pemulihan ekonomi nasional.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah