Bangkitkan Ekonomi, Menparekraf Dukung Program Belanja Melalui ECatalog

- 25 Februari 2022, 13:31 WIB
Rakor Kebijakan Peningkatan Pembelian dan Penggunaan Produk Dalam Negeri dalam Rangka Bangga Buatan Indonesia bersama Kementerian/Lembaga di Rumah Jabatan Gubernur Sulawesi Selatan, Kamis 24 Februari 2022.
Rakor Kebijakan Peningkatan Pembelian dan Penggunaan Produk Dalam Negeri dalam Rangka Bangga Buatan Indonesia bersama Kementerian/Lembaga di Rumah Jabatan Gubernur Sulawesi Selatan, Kamis 24 Februari 2022. /Dok Humas Kemenparekraf

INDOBALINEWS - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, mendukung program belanja pemerintah melalui e-catalog yang memungkinkan UMKM untuk menjadi penyedia barang dan jasa yang dibutuhkan.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengarahkan kementerian dan lembaga agar mengoptimalkan pembelian produk dalam negeri, terutama produk dari UKM/IKM/artisan hingga Rp400 triliun melalui e-catalog pada 2022. 

Tujuannya agar membuka peluang kerja seluas-luasnya, hingga membangkitkan perekonomian nasional. 

Baca Juga: Video Viral di Medsos, Sepasang Remaja 'Nganu' di Lapangan Renon Terekam CCTV, Pelakunya Masih Diselidiki

Oleh karena itu, Menparekraf Sandiaga mengajak K/L, Pemda, BUMN, dan BUMD untuk mendukung program pemerintah dalam mengembangkan UMKM dengan berbelanja produk mereka melalui e-catalog. 

Menparekraf Sandiaga dalam Rapat Koordinasi Kebijakan Peningkatan Pembelian dan Penggunaan Produk Dalam Negeri dalam Rangka Bangga Buatan Indonesia bersama Kementerian/Lembaga di Rumah Jabatan Gubernur Sulawesi Selatan, Kamis 24 Februari 2022 menyampaikan pihaknya akan memastikan pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif untuk bisa tampil di e-catalog. 

Baca Juga: Duh, Pasutri Kompak Berulang Kali Curi Motor, 4 Kali Berhasil Tapi Motor Kelima Akhirnya Tertangkap Juga

"Kami juga akan pastikan pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif untuk tayang di e-catalog, sehingga mereka masuk ke dalam ekosistem ekonomi digital," kata Sandiaga. 

Lebih lanjut, Sandiaga menyampaikan bahwa e-catalog ini merupakan salah satu inovasi dalam menciptakan permintaan terhadap produk dalam negeri, proses industrialisasi, dan menciptakan lapangan kerja baru.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x