China Nyatakan Siap Perangi Seluruh Negara Asean dan Kapalnya Berhak Masuk Laut Natuna

- 16 September 2020, 16:29 WIB
Juru bicara kementerian luar negeri China, Wang Wenbin.
Juru bicara kementerian luar negeri China, Wang Wenbin. /straitimes

INDOBALINEWS -Partai Komunis China (PKC) melalui The Global Times, menyatakan siap berperang melawan negara-negara ASEAN dan negara lain yang terlibat sengketa wilayah dengan Beijing.

Dalam editorialnya, The Global Times, mendesak rakyat China untuk bersiap menghadapi potensi perang, atas pernyataan Partai Komunis China tersebut.

Selain itu, kapal patroli China dinyatakan berhak untuk masuk perairan yang dianggap menjadi yurisdiksinya, sebagai tanggapan China atas laporan Indonesia bahwa kapal penjaga pantai China telah memasuki Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) RI.

“Hak dan kepentingan China di perairan yang relevan di Laut China Selatan sudah jelas,” kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Wang Wenbin dalam konferensi pers, Selasa 15 September 2020.

Baca Juga: China Siap Serang India Dengan Teknologinya, Secara Terus Menerus

"Kami memiliki sengketa teritorial dengan beberapa negara tetangga yang dihasut oleh AS untuk menghadapi China," bunyi editorial tentang gerakan ekspansionis Beijing ke Himalaya, laut China Selatan dan Laut China Timur, seperti yang dikutip galamedia dari The Global Times.

Sementara itu Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI Laksamana Madya Aan Kurnia mengungkapkan, kapal patroli China memasuki ZEE di 200 mil lepas pantai Kepulauan Natuna utara pada Sabtu 12 September 2020 dan menyingkir pada Senin 14 September setelah dilakukan komunikasi radio.

Baca Juga: Ketegangan Baru Filipina vs Malaysia Soal Sabah, Saling Klaim dan Panggil Pejabat Utusan

Ilustrasi Kapal Penjaga Pantai China (China Coast Guard)
Ilustrasi Kapal Penjaga Pantai China (China Coast Guard) net

Halaman:

Editor: Rudolf

Sumber: Galamedia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x