Doa Mau Makan dan Adab Makan Menurut Rasulullah SAW

- 6 Juni 2024, 06:03 WIB
Ilustrasi doa makan.
Ilustrasi doa makan. /Jurnal Ngawi /

 

INDOBALINEWS - Makanan adalah hal yang sangat penting bagi tubuh kita. Tanpa makanan, tentu tubuh kita tidak akan mampu melakukan berbagai aktivitas. Sebagai umat Islam, tentu kita perlu memerhatikan makanan yang kita konsumsi.

Makanan tidak hanya enak saja tetapi harus halal dan thayyib. Makanan halal tidak hanya ditinjau dari jenis barangnya (dzat) saja, tetapi juga dilihat cara memperolehnya. Selain halal, makanan serta minuman tersebut juga harus thayyib atau baik untuk dikonsumsi.

Sebagai umat Islam, tentu kita memiliki adab dalam segala hal. Adab yang dicontohkan oleh Rasul hendaknya kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Hal itu tentu sebagai wujud dalam menjalankan sunah dan menunjukkan jati diri kita sebagai seorang Muslim dan umat Nabi Muhammad. Salah satu adab dalam Islam ialah adab makan dan minum.

Baca Juga: Kualifikasi Piala Dunia 2026: Timnas Indonesia Target Rebut Poin dari Irak dan Filipina

Sebelum makan, tentu kita dianjurkan untuk berdoa. Hal ini tentu sebagai wujud rasa terima kasih dan bentuk syukur kita kepada Allah SWT. Berikut doa yang dianjurkan diucapkan sebelum makan.

اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Alloohumma barik lanaa fiimaa razaqtanaa waqinaa 'adzaa bannar

Artinya: "Ya Allah, berkahilah kami dalam rezeki yang telah Engkau limpahkan kepada kami dan jauhkanlah kami dari siksa neraka"

 Itulah doa yang diucapkan sebelum makan. Alangkah baiknya jika kita memang selalu mengucapkan doa sebelum melakukan sesuatu, termasuk makan. Agar makanan kita selalu diberkahi Allah dan kita dihindarkan dari godaan setan saat makan. Semoga doa di atas bermanfaat.

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: Dari Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah