Tips Menolong Orang Kecelakaan di Jalan, Kurangi Risiko Kematian dan Luka Berat pada Korban

- 30 Oktober 2023, 07:30 WIB
Ilustrasi kecelakaan
Ilustrasi kecelakaan / Pixabay @ fsHH /

INDOBALINEWS - Berdasarkan laporan Kementerian Perhubungan (Kemenhub), korban kecelakaan angkutan jalan di Indonesia mencapai 204.447 orang sepanjang 2022. Jumlah tersebut naik hingga 33% (year-on-year/yoy), dibandingkan korban pada 2021 yang mencapai 153.732 orang.

Di negara berkembang dengan jumlah kendaraan yang semakin banyak beriringan dengan jumlah populasi padat tak terhindarkan. Kerap kali korban jiwa serta luka berat semestinya bisa tertolong di detik-detik pertama kejadian, namun kewaspadaan masyarakat dinilai jauh dari yang diharapkan.

Menurut Medical Underwriter Sequis dr Debora Aloina Ita Tarigan, pengguna jalan juga perlu melengkapi diri dengan literasi pertolongan pertama pada kecelakaan sebagai bentuk pertolongan medis pertama dalam keadaan darurat untuk mengurangi risiko berat.

Baca Juga: Persija Kalah 1-2 Dari PSIS, Warganet Ramai Komentari Krisis Kemenangan di Media Sosial

“Pengetahuan pertolongan pertama pada kecelakaan penting diketahui karena mengevakuasi korban kecelakaan tidak dapat dilakukan sembarangan," kata dia melalui keterangan tertulisnya Jumat 27 Oktober 2023 dilansir Antara.

Debora tak menampik ada baiknya pengguna jalan segera menghubungi polisi dan layanan darurat. Namun demikian, pengguna jalan, perlu berkontribusi untuk mengurangi potensi bahaya lanjutan pada kecelakaan demi kemungkinan korban kecelakaan masih dapat tertolong.

Begini tips menolong orang kecelakaan di jalan:

Baca Juga: French Open 2023: Jojo Juara Libas Pebulutangkis China Li Shi Feng

1. Pemberian pertolongan pertama yakni memastikan dahulu kondisi sekitar aman agar tidak tertabrak oleh kendaraan lain yang dapat saja melintas.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x