Yuk Bikin Deterjen Alami yang Ramah Lingkungan, Berikut Caranya!

- 27 Desember 2023, 11:02 WIB
Ilustrasi deterjen. Ini cara membuat deterjen alami.
Ilustrasi deterjen. Ini cara membuat deterjen alami. /Pixabay/MohammedHassan

 

INDOBALINEWS- Bahan Alami pengganti detergen untuk mencuci pakaian adalah baking soda dan lemon. Jika kehabisan cuka maka perasan air lemon yang dikombinasikan dengan baking soda juga bisa digunakan untuk mencuci pakaian putih dan berwarna.

Deterjen ramah lingkungan dapat terurai secara hayati dan tidak menimbulkan ancaman bagi ekosistem karena tidak menggunakan fosfat. Deterjen ramah lingkungan juga menghilangkan bahaya tertentu terhadap kehidupan akuatik tidak seperti kebanyakan deterjen biasa.

Beberapa jenis deterjen misalkan deterjen bubuk dan deterjen cair masih ada dua jenis deterjen lagi yang bisa ditemukan di Indonesia yakni deterjen krim dan deterjen kapsul.

Baca Juga: Update Harga Sembako Rabu 27 Desember 2023, Harga Cabai Rawit Turun Dibawah Rp80 Ribu

Beda sabun dengan deterjen saat mencuci pakaian
Dibanding dengan sabun deterjen mempunyai keunggulan antara lain mempunyai daya cuci yang lebih baik serta tidak terpengaruh oleh kesadahan air.

Dilansir dari berbagai sumber terkait yuk bikin deterjen alami berikut caranya :

Sediakan wadah kaca dan masukkan kulit jeruk secukupnya kemudian siram dengam cuka putih lalu tutup dan biarkan selama 30 menit kemudian pindahkan ke wajah kaca lain sehingga cukup ekstraknya saja yang dipindahkan sisa kulit jeruknya tidak digunakan lagi.***

Baca Juga: Ini Rekomendasi Game Penghasil Uang Terbaik, Dana Langsung Cair ke Rekening

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: Dari Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x