Lerak, Pengganti Sabun dan Detergen Ramah Lingkungan, Begini Cara Buatnya!

- 4 November 2023, 21:40 WIB
Ilustrasi buah kerak.
Ilustrasi buah kerak. /Dok. Kementerian Pertanian RI

 

INDOBALINEWS – Seiring berjalannya waktu, banyak masyarakat yang mulai menyadari pentingnya menjaga lingkungan. Salah satu caranya dengan menggunakan hal-hal yang berbau alami dan ramah lingkungan kembali. Misalnya, mengganti penggunaan sabun yang biasa kita pakai dengan buah lerak atau soapberry.

Menurut informasi yang diambil dari Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian, lerak atau Sapindus rarak DC adalah tanaman industri yang tumbuh pada ketinggian 450 hingga 1.500 meter di atas permukaan laut (mdpl). Tingginya sendiri bisa mencapai 15 samapi 42 meter dengan diameter batang sebesar 1 meter.

Tanaman ini dipercaya memiliki manfaat sebagai berikut:

  1. Dapat digunakan sebagai bahan untuk membuat sabun, kosmetik, sampo, insektisida, nematisida dan antiseptik untuk mengobati kudis.
  2. Tanaman ini berfungsi sebagai penghijauan, tanaman pelindung dan pekarangan.
  3. Batang kayunya dapat digunakan untuk membuat papan dan batang korek api.

Baca Juga: Link Live Streaming Manchester City vs Bornemouth, Nonton Gratis Premier League di Sini

Dari ketiga poin tersebut, pernyataan pertama merupakan hal yang paling jarang diketahui banyak orang. Justru lerak ini apabila diproses dengan direndam, akan mengeluarkan busa. Hal itu terjadi karena buah lerak mengandung saponin sebesar 28 persen.

Saponin itu sendiri merupakan zat penghasil busa yang bisa dimanfaatkan untuk pembuatan sabun dan detergen. Sabun dan detergen alami dari buah ini bisa dicoba untuk dibuat oleh para pembaca.

Baca Juga: Mau Turunkan Lemak Tubuh dengan Intermittent Fasting? Simak Penjelasan dan Tipsnya

Cara Buat Detergen dari Buah Lerak

Halaman:

Editor: Ronatal Siahaan

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x