Sejarah Hari Donor Darah Sedunia 14 Juni

- 14 Juni 2024, 20:51 WIB
Peringatan Hari Donor Darah Sedunia 2024.
Peringatan Hari Donor Darah Sedunia 2024. /

 H

INDOBALINEWS - Hari Donor Darah Sedunia diperingati setiap tanggal 14 Juni merupakan salah satu dari 11 kampanye kesehatan publik global resmi yang dilakukan oleh WHO.

Dikutip dari situs Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO), Hari Donor Darah Sedunia atau World Blood Donor Day (WBDD) juga menjadi pengingat bahwa layanan yang memberikan akses kepada pasien untuk darah yang aman adalah salah satu kunci penting dalam sistem kesehatan yang efektif.

Dalam peringatan pada tahun ini, WHO bersama para mitranya ingin merayakan para pendonor darah lewat tema "20 years of celebrating giving: thank you blood donors!" atau diterjemahkan "20 tahun merayakan pemberian: terima kasih para pendonor darah!"

Baca Juga: Shopee Bantu UMKM Bertransformasi dan Berdaya Saing di Awal 2024, Perkuat Ekonomi Nasional

Sejarah eringatan Hari Donor Darah Sedunia sendiri dimulai pada 2004 oleh empat organisasi internasional yaitu WHO, Federasi Internasional Perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah, International Federation of Blood Donor Organizations (IFBDO) dan International Society of Blood Transfusion (ISBT).

Pemilihan tanggal 14 Juni sendiri diambil berdasarkan hari kelahiran Karl Landsteiner, penerima Nobel karena penemuannya akan sistem penggolongan darah A, B, O dan AB. Dia juga dijuluki sebagai bapak transfusi.

Berkat penemuan ilmuwan kelahiran 14 Juni 1868 itu, orang-orang kini dapat melakukan transfusi darah dengan aman dan tidak sembarangan. Pada 1937, Landsteiner bersama Alexander S. Wiener menemukan faktor resus dalam darah, yang memungkinkan dilakukannya transfusi darah yang aman dan tidak membahayakan pasien.

Baca Juga: Kasus Pemerasan Terhadap Ria Ricis, Tersangka Pinjam Rekening Orang

Peringatan Hari Donor Darah Sedunia juga menjadi pengingat bahwa masih terdapat kebutuhan akan kantong-kantong darah di Indonesia.

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah