Segudang Manfaat Donor Darah, Turunkan Risiko Serangan Jantung Kanker hingga Jaga BB dan Panjang Umur

- 4 September 2023, 07:47 WIB
Donor darah bisa memberikan segudang manfaat bagai kesehatan.
Donor darah bisa memberikan segudang manfaat bagai kesehatan. /Twitter/X

INDOBALINEWS - Salah satu kebaikan manusia dalam kondisi sehat yang sangat mudah dilakukan adalah menjadi pendonor darah. Kebaikan ini tak hanya untuk penerima donor tetapi juga bagi si pendonor.

Banyak studi membuktikan sejumlah manfaat kesehatan bisa didapatkan dari para pendonor darah, mulai dari yang ringan hingga meminimalisir potensi masalah kesehatan berat.

Efek langsung untuk pendonor adalah dengan menjadi pendonor darah bisa menumbuhkan kesadaran untuk menjaga kesehatan diri sendiri. Sebab sebelum bisa menjadi donor, tentunya kita harus melalui sejumlah tes kesehatan yang hasilnya bisa menjadi 'lampu kuning bagi pendonor untuk lebih memperhatikan kondisi kesehatan diri sendiri.

Baca Juga: Liga 1: Leonardo Medina Jelaskan Penyebab Kekalahan Persis Solo dari Barito Putera

Selain itu setiap kali seseorang mendonorkan darah, tubuh mereka membakar sekitar 650-700 kalori. Ini dapat membantu menjaga berat badan yang sehat. Kegiatan ini bermanfaat untuk melancarkan aliran darah hingga mencegah penyumbatan arteri. Rajin mendonorkan darah kira-kira mampu menurunkan risiko serangan jantung hingga 88 persen. Tak hanya itu, mendonorkan darah juga bisa meminimalkan risiko kanker, stroke, dan serangan jantung. Menariknya lagi, manfaat donor darah juga bisa membuat kadar zat besi dalam darah jadi stabil.

Selain itu menurut penelitian berbuat baik dapat membuat seseorang hidup lebih lama sekitar 4 tahun, tentunya mendonorkan darah termasuk kegiatan dermawan yang mudah jika sehat.

Dilansir dari Mental Health Foundation, donor darah juga bisa menjaga kesehatan emosi. Cara ini dapat mengurangi tingkat stres hingga membantu menghilangkan perasaan negatif, memberikan rasa memiliki dan mengurangi isolasi.

Baca Juga: Pungutan Wajib Bagi Turis Asing di Bali Dilakukan Cashless Sebelum Pintu Masuk Bandara dan Pelabuhan

Sementara Studi An intercultural and semi-confessional reflection on blood donation yang terbit pada Canadian Medical Association Journal menemukan, bahwa membakar kalori jadi salah satu manfaat donor darah.

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: Healtline


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x