Hasil Survei: Netizen Indonesia Paling Tidak Sopan Se-Asia Pasifik

- 11 Juni 2021, 11:06 WIB
Ilustrasi Kolom komentar Instagram Gofar Hilman banjir hujatan dan sindiran netizen, buntut kasus dugaan pelecehan seksual.
Ilustrasi Kolom komentar Instagram Gofar Hilman banjir hujatan dan sindiran netizen, buntut kasus dugaan pelecehan seksual. /Instagram

INDOBALINEWS - Dari 275 juta penduduk Indonesia, 170 juta adalah pengguna aktif media sosial atau sekitar 61,8 persen. Data ini menunjukkan pertumbuhan pengguna media sosial di Indonesia mengalami peningkatan 6,3 persen atau 10 juta dibanding tahun lalu.

Demikian dikeluarkan sebuah survei Microsoft bulan Februari 2021 lalu yang dibagikan oleh Ukki Anditia, account manager digital agency dalam sebuah webinar.

“Hampir semua pengguna internet mengakses media sosial lewat HP. Data pun menunjukkan bahwa jumlah yang besar ini tidak berbanding lurus dengan kualitas perilaku pengguna media sosial, dengan satu hasil survei yang menunjukkan prilaku rata-rata netizen Indonesia," ujar Ukki.

Baca Juga: Takut Aksi Premanisme? Telpon Hotline 110 Saja, Tersedia Non Stop 24 Jam

Dari sembilan negara Asia Pasifik yang disurvei, Indonesia menduduki peringkat terbawah. Singapura berada di peringkat 4, berada di Vietnam yang menduduki peringkat 24. Dari 32 negara yang disurvei, Indonesia menempati nomor 4 paling bawah atau di nomor 29.

“Ini menunjukkan betapa buruknya sopan santun atau adab netizen Indonesia. Ironisnya lagi setelah keluar survei ini, tak lama kemudian akun IG Microsoft diserbu oleh netizen Indonesia dan mereka membully, kompain, dan mempertanyakan hasil survei tersebut,” imbuhnya.

Baca Juga: Ber-KTP Jakarta, Seorang Pria Ditemukan Meninggal dalam Kamar Hotel di Seminyak Bali

Mirisnya lagi, lanjut Ukki survei yang tadinya hanya sebuah laporan itu dibuktikan sendiri oleh netizen Indonesia dengan banyaknya komplain atau bully dari netizen Indonesia terhadap Microsoft.

“Dan saking banyaknya bully tersebut, Microsoft sampai mematikan komen di akun Instagram supaya tidak banjir cacian netizen Indonesia,” lanjut Ukki.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x